Susunan Menteri Jokowi Sudah Selesai, Surya Paloh Belum Dikabari

Oleh: Bayu Septianto - 14 Agustus 2019
Jokowi mengatakan, nama-nama menteri telah disampaikan kepada Ketua Umum partai politik pengusungnya di Pilpres 2019.
tirto.id - Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (NasDem) Surya Paloh mengaku belum dikabari Presiden Joko Widodo soal nama-nama yang akan mengisi kabinet pemerintahan Jokowi periode kedua.

"Belum [dikabari], mungkin saya barangkali terakhir kali [dikabari]," ucap Surya usai hadiri acara Kuliah Umum Kebangsaan di Universitas Indonesia, Salemba, Jakarta Pusat, Rabu (14/8/2019).

Surya Paloh mengaku tak masalah bila memang Jokowi telah memiliki nama-nama yang akan menjadi kabinetnya nanti. Surya mengatakan, hal itu merupakan hak prerogatif presiden yang dimiliki Jokowi sebagai presiden terpilih.

"Ya enggak apa-apa lah ya," jelas Surya.

Termasuk soal komposisi menteri yang disebut Jokowi terdiri dari 55 persen kalangan profesional dan 45 persen dari kalangan partai politik, Surya Paloh juga akan mengikutinya.

“Apa pun bentuknya, mau 25 persen, mau 35 persen itu hak perogratif presiden,” kata Surya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan susunan kabinet kerja jilid II telah selesai. Jokowi memastikan akan segera mengumumkan jajaran menteri barunya periode 2019-2024.

"Sudah siap dan bisa segera saya umumkan," kata Jokowi usai pertemuan dengan pemimpin redaksi media massa, di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (13/8/2019).

Jokowi menyebut nama-nama menteri telah disampaikan kepada Ketua Umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

"Partai sudah diberitahu nama-nama anggota kabinet," katanya.


Baca juga artikel terkait MENTERI JOKOWI atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight