tirto.id - Kementerian Agama (Kemenag) membuka pendaftaran Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) mulai tanggal 21 Oktober 2024.
Sebanyak 89.781 formasi PPPK dibutuhkan di lingkungan Kementerian Agama. Pendaftaran PPPK Kemenag 2024 akan ditutup tanggal 4 November 2024.
Pelamar PPPK Kemenag 2024 dibagi menjadi dua kategori sesuai dengan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 347 Tahun 2024.
Kategori Pertama pelamar PPPK Kemenag 2024 diperuntukkan bagi Eks Tenaga Honorer Kategori II (eks THK-II) yang terdaftar dalam pangkalan data (database) eks THK-II pada Badan Kepegawaian Negara (BKN) dan aktif bekerja pada Instansi Pemerintah tempat bekerja saat mendaftar.
Kategori Kedua pelamar PPPK Kemenag 2024 diperuntukkan bagi Tenaga non Aparatur Sipil Negara (Tenaga non ASN) yang terdaftar dalam pangkalan data (database) Tenaga non ASN pada BKN dan aktif bekerja pada Instansi Pemerintah tempat bekerja saat mendaftar.
Dilansir dari Pengumuman Nomor P-3743/SJ/B.II/KP.001.1/10/2024 yang dirilis Kemenag, rentang penghasilan PPPK Kemenag 2024 mulai dari Rp1.938.500 hingga paling tinggi Rp7.261.300 sesuai dengan jabatan masing-masing.
Dokumen Persyaratan yang Harus Diunggah
Pendaftaran PPPK Kemenag 2024 dilakukan secara daring/online melalui laman SSCASN dengan menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) sesuai Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku.
Pelamar PPPK Kemenag 2024 harus mengkonfirmasi formasi yang akan dilamar melalui laman https://pdm-nonasn.kemeng.go.id dan mencetak dokumen hasil pengecekan formasi tersebut.
Selain itu, pelamar PPPK Kemenag 2024 harus mempersiapkan sejumlah dokumen yang dipersyaratkan untuk diunggah melalui laman SSCASN sesuai dengan ketentuan sistem. Berikut ini merupakan dokumen yang dipersyaratkan:
1. Pasfoto terbaru menggunakan pakaian formal dan latar belakang warna merah;
2. Kartu Tanda Penduduk (KTP) asli/Surat Keterangan Asli telah melakukan perekaman kependudukan yang dikeluarkan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang masih berlaku;
3. Surat lamaran ditulis tangan dengan tinta hitam atau diketik menggunakan komputer yang ditujukan kepada Menteri Agama Republik Indonesia yang sudah ditandatangani dan dibubuhi materai sesuai dengan format yang ditentukan;
4. Ijazah asli sesuai dengan ketentuan persyaratan atau Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang diterbitkan oleh lembaga yang berwenang;
5. Transkrip Nilai asli sesuai dengan ketentuan persyaratan atau Surat Keterangan Pengganti Ijazah yang diterbitkan oleh lembaga yang berwenang;
6. Surat Pernyataan yang sudah ditandatangani dan dibubuhi materai sebagaimana tercantum pada Lampiran Pengumuman ini;
7. Bukti perguruan tinggi dan/atau program studi yang terakreditasi;
8. Dokumen hasil pengecekan formasi yang diunduh dari laman https://pdmnonasn.kemenag.go.id
9. Surat Keterangan memiliki pengalaman di bidang kerja sesuai dengan kompetensi jabatan yang dilamar dan ditandatangani oleh Pimpinan Unit Kerja sebagaimana tercantum pada Lampiran Pengumuman ini;
10. Bagi pelamar Penyandang Disabilitas, mengunggah dokumen sesuai dengan ketentuan persyaratan ditambah dengan surat keterangan dari Dokter Rumah Sakit Pemerintah/Puskesmas yang menerangkan jenis dan derajat kedisabilitasannya;
11. Pelamar memastikan seluruh data yang dimasukkan dan dokumen yang diunggah sudah lengkap, benar, dan dokumen dapat terbaca. Kesalahan dalam mengunggah dokumen akan mengakibatkan pelamar tidak lulus seleksi administrasi; dan
12. Pelamar mengakhiri proses pendaftaran dan mencetak Kartu Pendaftaran untuk digunakan sebagai bukti telah menyelesaikan proses pendaftaran.
Contoh Surat Lamaran PPPK Kemenag dan Linknya
Seluruh pelamar PPPK Kemenag 2024 harus mengikuti sejumlah syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan. Salah satunya adalah Surat Lamaran yang ditujukan ke Menteri Agama Republik Indonesia.
Surat Lamaran PPPK Kemenag 2024 berisi informasi data diri lengkap dan sejumlah pernyataan bahwa informasi yang disampaikan adalah benar. Berikut contoh Surat Lamaran PPPK Kemenag 2024:
Kepada
Yth, Menteri Agama Republik Indonesia
Di Jakarta
Dengan Hormat,
Yang bertanda tangan dibawah ini:
Nama:
NIK:
Tempat dan Tanggal Lahir:
Agama:
Jenis Kelamin:
Kewarganegaraan:
Pendidikan Terakhir:
Alamat
Nomor Telp/Handphone:
Dengan ini mengajukan permohonan untuk dapat mengikuti ujian Pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Kementerian Agama Tahun 2024 dengan jenis ketenagaan …………………(isi nama formasi jabatan sesuai yang dilamar).
Seluruh dokumen persyaratan telah saya unggah melalui laman resmi http://sscasn.bkn.go.id. Demikian permohonan ini saya buat dengan sebenarnya. Apabila di kemudian hari yang disampaikan tidak benar, saya bersedia dituntut di pengadilan dan digugurkan/dikualifikasi sebagai CPPPK/PPPK Kementerian Agama.
Atas perhatian dan perkenan Bapak, saya ucapkan terimakasih.
Jakarta, …… 2024
(materai Rp10.000)
(Nama Pelamar)
Berikut merupakan link untuk mengunduh Surat Lamaran PPPK Kemenag 2024 sesuai dengan format yang ditetapkan:
Penulis: Robiatul Kamelia
Editor: Dipna Videlia Putsanra