Studio yang Pernah Dipakai Led Zeppelin & Black Sabbath akan Dijual

Oleh: Alexander Haryanto - 19 Desember 2019
Studio Monnow Valley menjadi terkenal karena pernah menjadi sampul album debut Oasis berjudul "Supersonic" (1994).
tirto.id - Studio rekaman legendaris Monnow Valley yang pernah dipakai band-band legendaris seperti Oasis, Led Zeppelin, Manic Street Preachers hingga Black Sabbath akan dijual, demikian seperti dilansir NME.

Lokasi studio Monnow Valley berada dekat Monmouth di Wales. Tempat ini dimulai dari ruang latihan untuk studio Rockfield yang tak jauh dari lokasi Queen pernah merekam 'Bohemian Rhapsody' pada tahun 1975.

Studio itu juga terkenal karena pernah menjadi sampul album debut Oasis berjudul "Supersonic" (1994). Dalam foto itu, terlihat Oasis sedang merekam lagu di sebuah ruangan. Kemudian, piano yang tertangkap dalam foto itu kemudian dilelang seharga £13.000.

Menurut BBC, Rockfield Studio didirikan oleh Charles dan Kingsley Ward pada awal tahun 60-an, tempat itu awalnya adalah lahan pertanian. Dalam perjalanannya, Monnow Valley hanyalah fasilitas latihan untuk Rockfield.

Kemudian, menjadi studio independen ketika Charles membuka cabang sendiri di awal tahun 80-an. Sejak saat itu, Rockfield Studio dan Monnow terpecah. Monnow berjalan secara independen.

Monnow Valley Studios telah mengubah kepemilikan selama bertahun-tahun tetapi tetap memiliki ruang rekaman dan latihan.


Baca juga artikel terkait STUDIO REKAMAN atau tulisan menarik lainnya Alexander Haryanto
(tirto.id - Musik)

Penulis: Alexander Haryanto
Editor: Agung DH
DarkLight