Striker Persib Komentari Terhentinya Liga 1 2020 karena Corona

Oleh: Hendi Abdurahman - 26 Maret 2020
Dibaca Normal 1 menit
Penyerang Persib, Wander Luiz memahami kondisi dan situasi Liga 1 2020 yang mesti dihentikan karena pandemi Corona atau Covid-19.
tirto.id - Penyerang Persib, Wander Luiz ikut berkomentar terkait dihentikannya Liga 1 2020 untuk sementara karena pandemi Corona atau Covid-19. Menurutnya, hal ini bisa memengaruhi performa tiap pemain.

Namun, penggawa asal Brasil tersebut menganggap bahwa keputusan ini merupakan langkah tepat bagi semua pihak. Apalagi kasus Corona di Indonesia per Rabu (25/3) kemarin telah menyentuh 790 pasien positif.

“Kurang bagus karena semua pemain sedang top level, dan semua berhenti akan membuat kembali ke awal lagi. Tapi, ini demi keselamatan semua. Kita semua harus memahami situasi ini,” tutur Wander Luiz dikutip situs web Persib.

“Saya tetap berlatih untuk menjaga kondisi saya. Sebab, pelatih juga menyuruh jaga kondisi,” tambahnya.

Sebelum Liga dihentikan sementara, Persib sukses tampil sempurna di tiga pekan awal. Supardi Nasir dan kawan-kawan menjadi satu-satunya tim yang selalu menang sehingga mereka kukuh di puncak klasemen.

Pada pertandingan perdana di kandang, Maung Bandung menang atas Persela dengan skor 3-0. Disusul dua kemenangan selanjutnya melawan Arema FC dan PS Sleman masing-masing dengan skor 1-2 dan 2-1.

Tak sampai di situ, Wander Luiz pun seolah menunjukkan performa terbaiknya di lini depan bersama partner asal Belanda, Geoffrey Castillion. Dari total jumlah memasukkan ke gawang lawan, Maung Bandung telah menorehkan 7 gol.

Wander Luiz bahkan menjadi top skor sementara lewat koleksi 4 gol, sedangkan Castillion menyumbang 2 gol. Khusus Wander Luiz, ia menjadi sosok yang selalu mencetak gol dalam 3 pertandingan tersebut.

Di sisi lain, untuk menjaga kondisi tubuh para pemainnya selama libur, pelatih Robert Alberts telah menerapkan program khusus. Tim pelatih bakal tetap memantau perkembangan pemain serta memberikan menu latihan melalui video call.

Teranyar, sejumlah pemain seperti Omid Nazari, Geoffrey Castillion, Fabiano Beltrame hingga Wander Luiz telah melakukan tes kesehatan.

“Ini adalah pengecekan kepada yang belum tes. Ini untuk mendeteksi sedini mungkin apakah terpapar atau tidak virus Corona. Dan bagi pemain asing beberapa memerlukan keterangan bebas Covid-19 untuk bisa pulang,” kata dokter tim Raffi Ghani, Kamis (26/3).


Baca juga artikel terkait LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight