Stok Dosis Vaksin COVID-19 Terus Ditambah demi Cegah Gelombang 3

Oleh: Irwan Syambudi - 25 November 2021
Stok dosis vaksin COVID-19 akan terus ditambah pada Desember 2021 untuk genjot target vaksinasi sebelum tutup tahun 2021.
tirto.id - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito mengatakan pemerintah menargetkan vaksinasi dosis pertama pada akhir tahun dapat mencapai 70 persen dari total target sasaran. Untuk itu stok dosis vaksin akan ditambah pada Desember 2021.

"Saat ini stok vaksin terus bertambah untuk mendukung pencapaian target vaksinasi secara nasional. Di bulan Desember ketersediaan vaksin akan bertambah sekitar 102 juta dosis baik yang berasal dari skema pembelian ataupun hibah," kata Wiku saat konferensi pers virtual, Kamis (25/11/2021).

Untuk mencapai target vaksinasi tersebut sekaligus mengantisipasi terjadinya gelombang ke-3 COVID-19, upaya peningkatan vaksinasi terus dilakukan. Selain menambah stok, sarana dan prasarana di daerah juga diperkuat.

"Pemerintah melakukan upaya lain seperti penyediaan minimal 1 unit cold changin [sistem rantai dingin penyimpanan vaksin] di setiap gudang penyimpanan di provinsi," kata Wiku.

Kemudian terkait pelaksanaan vaksinasi, pemerintah memberdayakan TNI/Polri dan lembaga lainnya, serta mendorong setiap kepala daerah untuk menyerap vaksin sesegera mungkin.

Daerah juga diminta untuk melakukan edukasi kepada masyarakat demi meningkatkan capaian vaksinasi dengan memberikan sosialisasi mengenai manfaat dan pentingnya vaksinasi.

"Upaya percepatan vaksin akan terus dilakukan di setiap daerahnya dimana saat ini 26 ibu kota provinisi telah mencapai target lebih dari 70 persen vaksinasi pada November ini. Diharapkan capaian 70 persen ini akan tercapai pada seluruh daerah di akhir tahun ini," kata Wiku.



Baca juga artikel terkait TARGET VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Irwan Syambudi
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Irwan Syambudi
Penulis: Irwan Syambudi
Editor: Bayu Septianto
DarkLight