Stefano Cugurra Teco Resmi Jadi Pelatih Baru Bali United

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Januari 2019
Stefano Cugurra Teco telah menandatangani kontrak dua tahun untuk melatih Bali United.
tirto.id - Bali United akhirnya secara resmi mengumumkan perekrutan pelatih asal Brasil, Stefano Cugurra Teco. Pelatih yang berhasil membawa Persija Jakarta jadi kampiun GoJek Liga 1 2018 itu bakal menduduki kursi kepala pelatih yang hampir dua musim dimiliki Widodo Cahyono Putro.

"Pertanyaan banyak pihak terkait siapa pelatih kepala Bali United untuk kompetisi tahun 2019 akhirnya terjawab. Ia adalah Stefano Cugurra Rodrigues atau lebih dikenal dengan nama Teco yang resmi menandatangani kontrak dengan durasi dua tahun," tulis manajemen Bali United lewat pengumuman di laman resminya.

Jika sesuai agenda, Teco akan segera diperkenalkan secara terbuka ke publik dalam waktu dekat. Perkenalan Teco akan dilakukan bebarengan dengan konferensi pers klub Senin (14/1/2019) hari ini.

Lahir di Rio de Janeiro pada 25 Juli 1974, Teco mengawali kariernya di Indonesia sebagai asisten pelatih Jacksen F Tiago di Persebaya. Ia lantas pindah ke Thailand untuk melatih Chiangrai United, Phuket, Osotspa Samut Prakan, dan Royal Thai Navy.


Merasa sudah punya bekal cukup, Teco lantas pulang ke Indonesia dan mulai jadi kepala pelatih Persija musim 2017. Catatan di musim perdananya tak kelewat mentereng. Ia cuma bisa membawa finis di peringkat empat klasemen akhir Liga 1 dengan 65 poin. Saat itu posisi Persija bahkan lebih rendah dari Bali United yang jadi runner-up.

Tetapi, peningkatan pesat dialami Teco pada musim keduanya di Jakarta. Ia mampu membawa Macan Kemayoran jadi juara Liga 1, mengalahkan PSM Makassar meski dengan keunggulan satu poin saja.

Tak cuma itu, Teco juga membawa dua trofi lain ke Jakarta pada musim yang sama. Trofi yang dimaksud adalah gelar juara Piala Presiden dan turnamen pramusim di Malaysia.


Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER LIGA 1 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan