Sri Mulyani Jadi Menteri Terbaik Dunia, Presiden Jokowi Ikut Bangga

Oleh: Yuliana Ratnasari - 12 Februari 2018
Jokowi menyatakan penghargaan kepada Sri Mulyani Indrawati itu menunjukkan pengelolaan ekonomi Indonesia pada jalur yang benar dan efektif.
tirto.id - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mendapatkan penghargaan sebagai menteri terbaik dunia (Best Minister in the World Award) di World Government Summit yang diselenggarakan di Dubai, Uni Arab Emirates.

Menanggapi hal ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebutkan penghargaan tersebut merupakan pengakuan dunia terhadap kemampuan Sri Mulyani. Sebab, dalam penghargaan itu hanya satu orang menteri yang menerimanya.

"Saya rasa semua bangga dengan itu," kata Jokowi usai membuka rapat kerja kepala perwakilan RI di luar negeri di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta, Senin (12/2/2018).

Jokowi menyatakan penghargaan kepada Sri Mulyani Indrawati itu menunjukkan pengelolaan ekonomi Indonesia pada jalur yang benar dan efektif.

"Saya rasa seluruh masyarakat bangga dan itu menunjukkan manajemen ekonomi makro dan fiskal kita pada posisi yang track-nya bener, yang hati-hati dan sangat efektif," kata dia.

"Penentuannya tentu juga berdasar analisis yang panjang oleh Ernst & Young, sebuah lembaga yang punya reputasi yang sangat baik," katanya.

Penghargaan menteri terbaik itu merupakan penghargaan global yang diberikan kepada satu orang menteri dari semua negara di dunia setiap tahunnya dan mulai diberikan pada 2016.

Proses seleksi dan penentuan pemenangnya dilakukan oleh lembaga independen Ernst & Young. Sementara itu, penghargaan diserahkan langsung oleh pemimpin Dubai, Sheikh Mohammad bin Rashid Al Maktoum.

Sri Mulyani dalam sambutan menyampaikan apresiasinya menjadi menteri pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut. Ia juga mengungkapkan bahwa penghargaan tersebut merupakan pengakuan atas kerja kolektif pemerintah dibawah pimpinan Presiden Joko Widodo, khususnya di bidang ekonomi.

Lebih lanjut, Sri Mulyani juga mendedikasikan penghargaan tersebut kepada 257 juta rakyat Indonesia dan 78.164 jajaran Kementerian Keuangan yang telah bekerja keras untuk mengelola keuangan negara dengan integritas dan komitmen tinggi.






Baca juga artikel terkait SRI MULYANI atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari