Spotify Wrapped 2021: BTS Top Global, Pamungkas Terbanyak Didengar

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 3 Desember 2021
Dibaca Normal 2 menit
BTS menjadi artis K-Pop teratas di Indonesia dan global, sementara Pamungkas adalah musisi lokal paling banyak didengar.
tirto.id - Perusahaan musik streaming asal Swedia, Spotify mengumumkan daftar artis, lagu, dan album teratas lewat Spotify Wrapped 2021.

Dikutip dari keterangan Spotify pada Kamis, untuk dua tahun berturut-turut, Pamungkas dinobatkan sebagai artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify di Indonesia pada tahun ini.

Lagu populernya “To The Bone”, yang memecahkan rekor di Spotify awal tahun ini sebagai lagu lokal yang menduduki posisi nomor 1 terlama di tangga lagu Indonesia Top 50, juga menjadi lagu yang paling banyak didengarkan di Indonesia pada 2021.

"Saya bermusik secara independen dan memiliki sumber daya yang terbatas untuk memperkenalkan musik saya. Namun secara mengejutkan, musik saya ternyata tetap bisa ditemukan, dicintai, dan didengarkan begitu banyak orang di berbagai negara," kata Pamungkas.

"Tahun 2021 memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan merendahkan hati untuk saya. Jujur, saya masih kaget dengan pencapaian ini," imbuhnya.

Selain Pamungkas, artis lokal yang paling banyak didengarkan di Spotify tahun ini ialah Tulus, Nadin Amizah, Rizky Febian, dan Ardhito Pramono.

Sementara itu, lagu paling banyak didengarkan kedua di Indonesia adalah “Blue Jeans” oleh GANGGA, salah satu Spotify RADAR Artist, dan disusul oleh “Bertaut” yang dibawakan Nadin Amizah dari debut albumnya bertajuk "Selamat Ulang Tahun".

Merangkum jajaran lima teratas dari lagu lokal paling banyak didengarkan setelah “To The Bone”, “Blue Jeans”, dan “Bertaut” adalah “Lantas” oleh Juicy Luicydan “Melukis Senja” oleh Budi Doremi. Masing-masing telah didengarkan lebih dari 40 juta kali hingga hari ini di Spotify.

"Tahun ini juga menjadi kesempatan untuk menemukan artis baru yang dapat menambah soundtrack untuk mengiringi hari-hari kita," tutur Head of Music, Spotify Asia, Kossy Ng.

Adapun lima artis teratas yang paling banyak didengarkan di dunia adalah Bad Bunny, Taylor Swift, BTS, Drake, dan Justin Bieber.

Spotify juga terus meluncurkan konten original dan eksklusif bersama deretan podcaster berbakat Indonesia di tahun ini, seperti Nadhifa Aliya Tsana dan PODKESMAS.

Podcast Rintik Sedu oleh Nadhifa Allya Tsana menjadi podcast terpopuler di Spotify Indonesia tahun ini. Rintik Sedu menjadi podcast wanita pertama yang di-hosting secara solo yang mencapai posisi puncak selama dua tahun berturut-turut.

Mengikuti Rintik Sedu di deretan 5 podcast teratas di Indonesia adalah PODKESMAS, Podcast Hanan Attaki, DESTAnya Siapa?, dan Do You See What I See.

Sementara itu, idol grup BTS menjadi artis K-Pop teratas di Spotify Indonesia dan global.

Dengan lebih dari tujuh miliar stream tahun ini, BTS mengukuhkan posisi mereka sebagai supernova dunia dan artis K-Pop yang paling banyak didengarkan, baik secara global maupun di Indonesia.

BTS juga meraih empat tempat teratas dalam daftar lagu K-Pop yang paling banyak diputar secara global dengan lagu mereka "Butter", "Dynamite", "Permission to Dance" dan "Life Goes On".

Album mereka "BE", "Love Yourself" "Answer" dan "MAP OF THE SOUL : 7" juga muncul sebagai tiga album K-Pop yang paling banyak diputar secara global. Prestasi ini menjadi bukti dedikasi dan cinta dari para penggemar mereka dari seluruh dunia.

Sementara itu, artis K-Pop yang paling banyak diputar kedua secara global tahun ini adalah BLACKPINK.

Hit sukses mereka yang berhasil mengumpulkan lebih dari 500 juta streaming ialah $How You Like That", melengkapi deretan lima besar lagu K-Pop yang paling banyak diputar secara global yang didominasi oleh BTS.

BLACKPINK juga masuk ke lima besar artis K-pop yang paling banyak didengarkan di Indonesia dengan bertengger di posisi ketiga.

ROSÉ BLACKPINK yang memulai karir solonya tahun ini, berhasil meraih posisi teratas dalam lagu K-Pop oleh penyanyi solo yang paling banyak diputar dengan lagunya "R".


Cara Melihat Top Song Spotify di Link Spotify Wrapped 2021


1. Masuk ke aplikasi Spotify atau kunjungi spotify.com/wrapped

2. Pilih spanduk “Your 2021 Wrapped” pada beranda aplikasi.

3. Sebagai alternatif, ketik “Wrapped” pada bilah pencarian, yang mana Wrapped 2021 seharusnya akan muncul di paling atas.

4. Setelah masuk, pengguna akan menemukan cerita "Wrapped" mereka yang berisi informasi unik tentang pengalaman mendengarkan mereka, seperti artis teratas, lagu teratas, podcast teratas, genre, dan total menit yang dihabiskan untuk menikmati konten audio di sepanjang tahun 2021.

5. Pilih "share this story" atau "bagikan cerita ini" di bagian bawah, dan Spotify Wrapped Anda akan dibagikan ke story Instagram, Facebook, atau Twitter.

Baca juga artikel terkait SPOTIFY WRAPPED 2021 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Musik)

Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Penyelia: Yantina Debora
DarkLight