STOP PRESS! Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo Ditolak Masuk AS

Spotify Ungguli Apple Music dengan 140 Juta Pengguna

Spotify Ungguli Apple Music dengan 140 Juta Pengguna
Ilustrasi pengguna aplikasi musik Spotify. ISTOCK
16 Juni, 2017 dibaca normal 1 menit
Layanan musik streaming Spotify baru-baru ini mengklaim telah mencapai 140 juta pengguna, sehingga membuat Spotify menjadi layanan streaming musik terbesar di dunia.
tirto.id - Perusahaan penyedia layanan musik streaming, podcast, dan video komersial asal Swedia, Spotify, saat ini masih menjadi layanan streaming musik online terbesar di dunia.

Spotify mengumumkan telah mencapai 140 juta pengguna, meningkat dari 126 juta akhir tahun lalu dan 100 juta satu tahun lalu. Sehingga, dalam satu tahun ini Spotify menambahkan setidaknya 40 juta pengguna.

Perusahaan tersebut belum memperbarui jumlah pelanggan berbayar yang dimiliki, namun mereka mencatat bahwa pada Maret lalu telah mencapai angka 50 juta.

Angka tersebut juga membuat Spotify menjadi layanan streaming musik berbayar terbesar di dunia dengan pesaing seperti Apple Music yang tertinggal di belakang dengan hanya 27 juta pelanggan (per bulan ini).

Tidak seperti layanan streaming musik lainnya, Spotify memiliki tingkat gratis yang dapat digunakan tanpa batas waktu.

Perusahaan streaming musik lainnya hanya menawarkan percobaan gratis selama 1 sampai 3 bulan, dan itu mungkin ada kaitannya dengan popularitas Spotify, demikian GSM Arena.

Sementara itu, pada Mei lalu, Managing Director Spotify Asia Sunita Kaur menyatakan bahwa Indonesia merupakan pasar kedua terbesar pengguna Spotify di Asia, setelah Filipina, padahal Spotify telah lebih dulu beroperasi di Filipina sejak tiga tahun lalu, sementara Indonesia baru satu tahun.

Berdasarkan kalkulasi selama satu tahun terakhir, konsumen Spotify Indonesia menghabiskan 11 miliar menit atau rata-rata tiga jam per hari mendengarkan musik melalui Spotify.

Menurut Sunita, perkembangan Spotify akan berpengaruh positif terhadap industri musik Tanah Air dengan semakin banyak pendapatan yang diterima oleh musisi, produser, dan pegiat musik lainnya.

Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - adr/adr)

Keyword