Soal Tes Baca Alquran, IDA Datangi Prabowo Minta Jawaban Resmi

- 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Perwakilan Ikatan Dai Aceh (DAI) mendatangi rumah Prabowo Subianto untuk menanyakan jawaban resmi terkait tes baca Alquran menjelang Pilpres 2019.
tirto.id - Perwakilan Ikatan Dai Aceh (IDA) mendatangi kediaman calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (14/1/2019).

Kedatangan IDA tersebut untuk menagih jawaban Prabowo dan cawapres Sandiaga Uno soal tes membaca Alquran menjelang Pilpres 2019.

Ketua Ikatan Dai Aceh (IDA) TGK Marsyuddin Ishak mengatakan, pihaknya sebelumnya telah mengirimkan surat untuk bertemu dengan Prabowo dan Sandi.

Namun, mereka gagal menemuinya karena kesibukan Prabowo-Sandi. Mereka pun diarahkan ke media center Prabowo-Sandi di Jalan Sriwijaya I, Jakarta Selatan, yang lokasinya tak jauh dari kediaman Prabowo.

"Kami datang hari ini ke Media Center 02 Prabowo-Sandi dan diterima dengan baik, kami ingin menanyakan jawaban resmi dari kedua pasangan calon," kata Ketua IDA TGK Marsyuddin Ishak.

Sesampainya di sana, Marsyuddin juga gagal bertemu karena kesibukan Prabowo-Sandi. Ia pun berencana mengatur ulang jadwal pertemuan dengan pihak Prabowo-Sandiaga guna mendapatkan jawaban atas permintaannya itu.

"Dari pihak sekretariat tadi, [memberi tahu] Bapak [Prabowo] sedang di luar mempersiapkan acara yang besar. Mungkin ini akan dirapatkan kembali. Insya Allah dalam waktu dekat mendapatkan jawaban," ujarnya.


Dihubungi terpisah oleh Tirto, Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga Andre Rosiade menyatakan, sejak awal pihaknya telah merespon permintaan tes membaca Al-Quran itu.

Prabowo-Sandi, kata dia, siap menerima tantangan itu asalkan ada aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Kami sudah tegaskan. Kami siap ikut kalau KPU yang mengadakan. Kan sudah kami sampaikan dari awal," kata Andre, Senin (14/1/2019).

Andre menegaskan, Prabowo-Sandi akan mengikuti tes itu asalkan KPU bertindak sebagai lembaga yang menyelenggarakan acara tersebut.

"Dari awal kami sudah sampaikan, kalau enggak salah dua pekan lalu kami sudah menjawab itu, itu aja jawaban dari kami," tegas Andre.

Tidak bisa ditemuinya Prabowo-Sandi oleh Ikatan Dai Aceh, menurut Andre lantaran keduanya sedamg mempersiapkan acara besar yakni pidato kebangsaan. Pidato ini akan disampaikan Prabowo pada Senin (14/1/2019) malam nanti di Plenary Hall, JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Undangan tes baca Alquran kepada Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga itu sebelumnya disampaikan IDA pada 29 Desember 2018 lalu. Rencananya tes membaca Alquran akan dilaksanakan di Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh, pada 15 Januari 2019.


Baca juga artikel terkait PILPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis:
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno