Soal Nama Fandom K-Pop Group: Army-BTS Hingga BLINK-Blackpink

Oleh: Maria Ulfa - 12 Januari 2019
Dibaca Normal 2 menit
Fandom menentukan siapa yang disukai dan siapa yang didukung oleh fans tersebut.
tirto.id - Dalam industri hiburan K-Pop yang terus berkembang seperti saat ini, sering kali sulit menentukan jalan masuk dan keluar yang pasti untuk sekedar menciptakan semacam klasifikasi antar-para penggemar K-Pop dari kesukaannya terhadap grup K-Pop tertentu.

Oleh karenanya, dibentuklah fandom atau fans club, yaitu kelompok fans dari grup K-Pop tertentu. Tak hanya K-Pop group, solois seperti IU, Ailee, dan Psy juga memiliki nama fandom.


Setiap grup idola K-Pop memiliki penggemar dengan julukan berbeda, biasa disebut fandom. Sementara penggemar yang rela berburu info serta foto-foto eksklusif dari salah satu anggota grup K-Pop dinamakan fansite. Suatu wilayah dengan jumlah fandom besar bisa dikategorikan sebagai fanbase.

Sementara itu, ada istilah lagi yang disebut sebagai masternim atau orang-orang di belakang fansite, yang rela menghabiskan waktu untuk membikin merchandise versi sendiri. Foto-foto eksklusif hasil buruan mereka biasanya dikumpulkan dan dijual kepada fandom di berbagai belahan dunia.

Nama fandom, biasanya menjadi identitas dari para fans. Fandom menentukan siapa yang disukai dan siapa yang didukung oleh fans tersebut.

Sekilas, nama-nama fandom ini tidak lebih dari hanya sebagai kata-kata yang acak, ternyata dibaliknya terdapat makna tertentu yang tersimpan.

Seperti Wanna One yang menamai fandom mereka sebagai Wannable, yang merupakan gabungan kata “Wanna One” dan “Able” dan memiliki arti bahwa mereka mampu mencapai segalanya bersama. Sedangkan SHINee, menamai fandom mereka dengan Shawol sebagai gabungan dari kata “SHINee” dan “World” atau dunia.


Berikut ini nama fandom beberapa K-Pop group dan maknanya, seperti dilansir Koreaboo.com:

BLACKPINK: BLINK

BLACKPINK sendiri memiliki arti untuk mematahkan persepsi mengani warna pink pada umunya. Jika warna pink diartikan sebagai sesuatu yang cantik, BLACKPINK berarti “kecantikan bukanlah segalanya”. Hal tersebut juga memberi simbol bahwa mereka tidak hanya cantik, namun berbakat.

Karena asal nama tersebutlah, BLINK, nama fandom BLACKPINK merupakan singkatan dari BLACK dan PINK.

EXO: EXO-L

EXO-L muncul karena "L" ada di antara huruf "K" dan "M" untuk subunit EXO-K dan EXO-M (aslinya). L juga merupakan huruf ke-12 dari alfabet dan dulunya untuk EXO yang memiliki 12 anggota. Selain itu, L juga dimaknai sebagai singkatan dari "cinta" yang berkorelasi dengan chant milik EXO "let’s love”.

BTS: ARMY

A.R.M.Y merupakan singkatan dari "Adorable Representative M.C for Youth". Nama ini penting karena BTS dan penggemar mereka akan selalu berjalan beriringan dan membentuk pelindung tubuh (bangtanbok). Selain itu, para penggemar adalah prajurit yang akan terus berjuang untuk BTS.

BIGBANG: VIP

V.I.P adalah singkatan dari “Very Important Person” atau “orang yang sangat penting” dan itulah yang BIGBANG pikirkan tentang penggemar mereka. Masing-masing dan setiap orang dari fans mereka adalah orang yang penting bagi BIGBANG.

GIRLS’ GENERATION (SNSD): SONE

SONE dilafalkan sebagai "So One" yang juga berarti "keinginan" dalam bahasa Korea. Dan juga memiliki arti bahwa Girls’ Generation ("S" untuk SNSD) dan penggemar mereka selamanya akan menjadi satu ("ONE").

SUPER JUNIOR: ELF

Fandom Super Junior disebut ELF, itu adalah singkatan dari “Everlasting Friends” atau teman abadi. Nama itu dipilih karena Super Junior berencana menjadi teman abadi dengan penggemar mereka.

RED VELVET: REVELUV

Istilah Reveluv berasal dari “level up” atau “naik level” merupakan salah satu slogan Red Velvet selama promosi lagu mereka "One of These Nights".

Reveluv juga merupakan permainan kata-kata karena kedengarannya sangat mirip dengan “level up”, yang merupakan nama dari dua program reality show mereka sebelumnya. Sementara juga berarti untuk "Revel”, nama panggilan Red Velvet" dan "love". Fandom ini sering dipanggil dengan sebutan "Luvies".

TWICE: ONCE

Fandom TWICE dinamai ONCE, karena jika kalian menyukai grup ini satu kali, mereka akan membalas kalian dengan "TWICE” atau dua kali cinta kalian.

GOT7: iGOT7

iGOT7 (I GOT SE) memiliki arti bahwa penggemar telah mendapatkan GOT7. Tidak hanya penggemar yang akan menerima cinta dari grup tetapi mereka juga akan beruntung karena 7 adalah angka keberuntungan. Hal ini biasanya disebut dengan "AhGaSe" yang disingkat dalam bahasa Korea yang berarti “baby bird".


Bila dicermati, tiap agensi di Korea punya ciri khas kuat yang dibawa artis-artisnya. Jika boy grup dan girl grup di SM seperti SNSD, Red Velvet, EXO, Suju terlihat lebih 'manis', artis di agensi lain, YG Entertainment seperti Blackpink misalnya, memilih tampil 'swag' dan berkiblat ke musik hip hop. Maka, banyak rapper mumpuni di agensi YG.

Sementara JYP Entertaiment unggul satu tingkat di bidang tari dan olah tubuh dibanding agensi lain. Koreografi mereka selalu unik dan terlihat gahar.

Baca juga artikel terkait FANS K-POP atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Musik)


Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yulaika Ramadhani
Kontributor: Maria Ulfa