Soal Isu TGB Gabung ke Nasdem, Sekjen: Yang Penting Bergabung Dulu

Oleh: Felix Nathaniel - 17 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
Johnny yakin TGB akan senantiasa mendukung pandangan dan tujuan Nasdem untuk jangka waktu dekat dan menengah.
tirto.id - TGH Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) dikatakan telah bergabung dengan Partai Nasdem. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal Partai Nasdem Johnny G Plate kepada Tirto, Senin (17/12/2018).

Nasdem juga berharap TGB bisa fokus pada tujuan partai naungan Surya Paloh tersebut. Kendati demikian, Johnny mengatakan, sampai saat ini belum ada tugas khusus untuk TGB di Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Yang penting bergabung dulu, kalau sudah tugas khusus kan semuanya baru saja. Ketua Umum [Surya Paloh] saja belum sampai Jakarta,” jelas Johnny pada Tirto, Senin (17/12/2018).

Sebagai kader partai, Johnny yakin TGB akan senantiasa mendukung pandangan dan tujuan partai untuk jangka waktu dekat dan menengah. Dalam waktu dekat ini, kata dia, agenda terdekat adalah mendukung pemenangan Partai Nasdem di pileg dan pilpres 2019, dan menjalankan pembangunan di daerahnya sendiri, yakni NTB.

“Nasdem kan bertarung pemilu untuk dua-duanya. Jangka pendek pasti [TGB] mengambil bagian dalam pemilu, baik pilpres termasuk pileg. Apalagi Pak TGB ini kan sejalan betul dengan konsep Pak Jokowi,” ungkap dia.

“Yang kedua pasti jangka menengah lima tahun ke depan membantu di tingkat daerah gimana pemerintahan provinsi, kabupaten/kota, berjalan dengan baik untuk membantu masyarakat NTB,” tegas Johnny lagi.

Meski demikian, secara administratif TGB belum dapat dikatakan bergabung dengan Nasdem. Johnny belum mengetahui apakah TGB sudah tercatat sebagai kader Partai Nasdem secara resmi ataupun mempunyai kartu tanda anggota. Namun menurut Johnny, masalah itu tidaklah penting.

“Itu bisa dilakukan setiap saat. Proses administratif itu kan tidak penting, yang penting dia bergabung dan sikap politiknya dia mendukung,” kata Johnny lagi.

Di sisi lain, TGH Muhammad Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) membantah bahwa dirinya sudah bergabung dengan Partai Nasdem.

“Untuk saya pribadi, saya belum memutuskan masuk partai hingga saat ini. Saya fokus dakwah dan ikut berikhtiar membantu perjuangan Bapak Jokowi bersama Kyai Ma'ruf Amin," kata TGB kepada Tirto, Senin (17/12/2018).


Baca juga artikel terkait TGB atau tulisan menarik lainnya Felix Nathaniel
(tirto.id - Politik)

Reporter: Felix Nathaniel
Penulis: Felix Nathaniel
Editor: Alexander Haryanto