Soal COVID-19, Luhut: Kalau Ada Penyesuaian, Jangan Terus Ribut

Oleh: Andrian Pratama Taher - 16 Mei 2020
Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tidak menuduh pemerintah berubah-ubah dalam menentukan kebijakan.
tirto.id - Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta masyarakat tidak menuduh pemerintah berubah-ubah dalam menentukan kebijakan terkait penanganan corona.

Luhut mengklaim pemerintah tidak akan menyulitkan rakyat saat pandemi COVID-19. Ia meminta masyarakat memaklumi karena pemerintah menyesuaikan dengan situasi di lapangan.

"Kalau pemerintah melakukan adjustment, jangan terus ribut. Pemerintah tidak akan pernah mencederai rakyatnya, tapi dalam perjalanan ini pasti ada hal-hal yang tidak menyenangkan," kata Luhut dalam acara yang diputar RRI, Sabtu (16/5/2020).

Luhut juga menjelaskan langkah pemerintah dalam menghadapi COVID-19 terutama dampak bagi UMKM.

Ia mengatakan, pemerintah memberikan stimulus kepada UMKM dalam kurun waktu 6 bulan. Namun, pemerintah baru menyiapkan 3 bulan pertama. Ia meminta masyarakat tidak meributkan jika kebijakan tersebut berubah.

Luhut mengatakan, masyarakat yang sebelumnya bisa bepergian kini harus mengurangi interaksi seperti bersalaman dan menggunakan masker serta menerapkan jaga jarak.

Selain itu, Luhut mengatakan pemerintah juga mempertimbangkan faktor lain seperti orang-orang yang bekerja. Ia tidak mau Indonesia menjadi gaduh akibat salah bertindak.

"Nanti kita kayak AS, orang yang teriak jadi berontak, bawa senjata malah. Itu gak bagus. pemerintah lihat semua ini. Ada risiko, semua ada risiko," kata Luhut.



Baca juga artikel terkait PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Maya Saputri
DarkLight