Menuju konten utama

Soal Belajar dari Rumah TVRI Hari Ini Kelas 1-3 SD Sampai SMA

Belajar dari Rumah TVRI kelas 1-3 SD sampai SMA 15 Mei hari ini.

Soal Belajar dari Rumah TVRI Hari Ini Kelas 1-3 SD Sampai SMA
Seorang anak menonton televisi siaran perdana 'Belajar dari Rumah' tingkat PAUD yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di Kota Kediri, Jawa Timur, Senin (13/4/2020).ANTARA FOTO/Prasetia Fauzani.

tirto.id - Program Belajar dari Rumah merupakan salah satu alternatif belajar yang diberikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di tengah pandemi virus corona COVID-19.

Program ini membantu keluarga yang memiliki keterbatasan pada akses internet untuk melakukan pembelajaran jarak jauh dalam jaringan (daring), sehingga anak-anak memperoleh stimuli untuk terus belajar di rumah masing-masing.

Jadwal Belajar dari Rumah TVRI 15 Mei 2020

08.00-09.00 WIB Jalan Sesama: Berputar dan Terus Berputar (PAUD)

08.30-09.00 WIB Belajar Menyimak (Kelas 1-3 SD)

09.00-09.30 WIB Gemar Matematika: Volume Bangun Ruang (Kelas 4-6 SD)

09.30-10.00 WIB Pesona di Balik Eceng Gondok (SMP)

10.03-10.30 WIB Pembelajaran Usaha Kaus Tie Dye dan Furnitur (SMA)

10.30-11.00 WIB Ragam Orang Tua (Parenting)

Pertanyaan Belajar dari Rumah TVRI 15 Mei 2020

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 1-3 SD

Belajar Menyimak

KOMPETENSI LITERASI: Memahami isi tayangan, mengingat kembali inti tayangan, menyampaikan gagasan secara lisan, serta menulis beberapa kalimat dan menyuntingnya.

1. Pertanyaan di akhir video (3):

Bolehkah katak, anjing, dan kera menghina kura-kura? Mengapa?

2. Pertanyaan di akhir video (4):

a) Sebutkan tokoh-tokoh yang ada dalam cerita tadi!

b) Tirukan suara binatang yang ada dalam cerita tadi!

c) Ceritakan kembali cerita tadi!

3. Pertanyaan di akhir video (5):

Deskripsikan kupu-kupu!

Pertanyaan Belajar dari Rumah Kelas 4-6 SD

Gemar Matematika bersama Pak Ridwan: Volume Bangun Ruang

KOMPETENSI NUMERASI: Mengukur volume bangun ruang (kubus, balok, prisma segitiga, dan tabung).

1. Sebuah penampungan air berukuran panjang 120 cm, lebar ¾ m, dan tinggi 80 cm. Di dalam bak masih terdapat air ⅓ bagian. Bak tersebut akan diisi air sampai penuh. Berapa liter air yang diperlukan untuk mengisi bak tersebut hingga penuh?

2. Ibu membeli susu kaleng berbentuk tabung dengan diameter 14 cm dan tinggi 17 cm. Di dalam kaleng tersebut terdapat ruang rongga 3 cm dari tutup atasnya. Berapa volume susu dalam kaleng tersebut?

3. Ayah membuat sebuah akuarium berbentuk prisma segitiga, dengan ukuran panjang alas 45 cm, tinggi alas 40 cm, dan tinggi prisma 65 cm. Berapa liter volume akuarium tersebut?

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMP

Pesona di Balik Eceng Gondok

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali informasi yang akurat dan berdasar fakta; (2) Menuliskan pengamatan dan pengalamannya secara koheren dan padu menggunakan rujukan secara etis dan metodologi sederhana

(VO sebelum video): Teman-teman, tahukah kamu, tanaman pengganggu dan dipandang sebelah mata dapat dibuat menjadi benda kerajinan yang bernilai tinggi? Mari kita simak tayangan berikut agar pengetahuanmu tentang kerajinan dari bahan alam semakin banyak!

1. Pertanyaan di akhir video 2: Upah adalah komponen yang paling mendasar dari produktivitas kerja. Jika upah pekerja diabaikan oleh pengusaha sebagai pelaku industri, apa dampak yang paling fatal dari hasil kerja?

2. Pertanyaan di akhir video 3: Tuliskan tahap awal eceng gondok untuk dapat menjadi bahan baku kerajinan!

3. Pertanyaan di akhir video 4: Jika kamu ingin berkreasi dengan eceng gondok, apa yang akan kamu kreasikan menjadi kerajinan yang memiliki nilai jual yang tinggi, dan mengapa kamu memilihnya?

Pertanyaan Belajar dari Rumah SMA/SMK

Pembelajaran Usaha Kaus Tie Dye dan Furnitur

KOMPETENSI LITERASI: (1) Mengenali akurasi informasi, menjelaskan kembali, menganalisis, dan menyampaikan pendapat menggunakan pengetahuan dan data yang diperoleh dari tayangan pembelajaran usaha; (2) Merepresentasikan tanggapan terhadap tayangan dengan menggunakan pengetahuan yang diperoleh dari tontonan.

(VO sebelum video): Teknik tie dye, atau biasa disebut teknik ikat celup atau jumputan, digemari anak muda karena mirip motif kaum hippies yang dinamis dan penuh warna. Selain bisa menjadi kegiatan pengisi waktu luang, membuat kaus dengan teknik pewarnaan tie dye juga bisa menjadi peluang bisnis dengan modal kecil.

1. Pertanyaan di akhir Segmen 1 dari video (2) (awal-7:20): Kaus tie dye atau jumputan merupakan usaha rumahan yang akan memberikan keuntungan besar. Setujukah kamu dengan informasi tersebut? Jelaskan alasannya!

2. Pertanyaan di akhir Segmen 2 dari video (2) (7:21-akhir): Jika teman-teman membangun usaha kaus tie dye, bagaimana metode pemasarannya? Jelaskan ide kamu!

(VO sebelum video): Kayu jati belanda merupakan kayu bekas peti kemas. Namun, kayu ini sangat diminati sebagai badan dasar furnitur dan dekorasi ruangan karena bahannya ringan, motif serat kayunya menarik, dan tidak mahal.

3. Pertanyaan di akhir video: Jelaskan apa yang harus dipertimbangkan sebelum membuka usaha di bidang furnitur berbahan dasar jati belanda!

Baca juga artikel terkait BELAJAR DARI RUMAH atau tulisan lainnya dari Dipna Videlia Putsanra

tirto.id - Pendidikan
Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH