Smartphone Samsung Pertama dengan Layar Lipat Resmi Diperkenalkan

Oleh: Ibnu Azis - 8 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Samsung akan memproduksi massal perangkat dengan panel Infinity Flex ini dalam "hitungan bulan".
tirto.id - Samsung resmi memperkenalkan ponsel pintar pertama dengan layar yang dapat dilipat (foldable) dalam acara Samsung Developer Conference di San Francisco, Amerika Serikat, Rabu (7/11/2018) waktu setempat.

"Ada perangkat di dalam sini," kata Justin Denison selaku Samsung Vice President of Mobile Product Marketing saat menunjuk sakunya. "Dan itu menakjubkan," lanjutnya ketika memperkenalkan smartphone tersebut dilansir dari The Verge, Kamis (8/11).

Denison kemudian menunjukkan sebuah perangkat berupa tablet namun dapat dilipat seperti ponsel. Dengan kata lain, perangkat berukuran 7,3 inci itu dirancang menggunakan konsep dua layar menggunakan panel Infinity Flex.

Saat perangkat tersebut dibuka, maka akan menawarkan pengalaman dengan layar besar seperti tablet. Apabila ditutup (dilipat), maka seperti ponsel yang dapat dimasukkan ke saku.

Menurut Denison, Samsung akan memulai produksi massal panel Infinity Flex itu dalam "hitungan bulan" kendati tak menyebut pasti kapan tepatnya perangkat tersebut diluncurkan.


Sementara itu, menurut laporan CNET, smartphone layar lipat Samsung membawa dua spesifikasi layar yang berbeda. Saat dibuka, panel utama perangkat ini memiliki ukuran 7,3 inci resolusi 1.536 x 2.152 piksel dengan aspek rasio 4,2:3.

Terlihat lebar dan besar saat dibuka, maka akan tampak memanjang vertikal seperti smartphone pada umumnya saat dilipat. Samsung menyebutnya Cover Display, yang saat ditutup panel depan akan berukuran 4,58 inci resolusi 840 x 1960 piksel dengan aspek rasio 21:9.

Perkenalan smartphone layar lipat Samsung tersebut sekaligus menjadi langkah awal bagi para pengembang untuk mulai membuat aplikasi atau game untuk perangkat ini. Terlebih, Google pun mendukung rencana tersebut.

Melalui akun Twitter mereka, Android mengumumkan bahwa akan mendukung antarmuka perangkat yang dapat dilipat. Dalam gambar yang diunggah di twit tersebut, Kamis (8/11), tampak antarmuka ponsel lipat serupa dengan antarmuka pada smartphone Android pada umumnya.


Dengan demikian, diisyaratkan bahwa tidak ada perubahan drastis untuk antarmuka Android yang diusung oleh perangkat yang layarnya dapat dilipat.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight