SM Entertainment Kerja Sama dengan Trans Media untuk Usaha Patungan

Oleh: Dea Chadiza Syafina - 8 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Kerja sama ini akan bergerak di bidang gaya hidup, mobile platform dan juga content visual.
tirto.id - Perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan, SM Entertainment Group bekerja sama dengan PT Trans Media Corpora (Trans Media) untuk membentuk usaha patungan di Indonesia. Nantinya, perusahaan hasil joint venture itu akan bergerak di bidang gaya hidup, mobile platform dan juga content visual.

Chairman CT Corp, Chairul Tanjung menargetkan, perusahaan hasil patungan dari dua negara berbeda itu bisa beroperasi dalam waktu kurang dari tiga bulan. “Kami targetkan JV antara Trans Media dengan SM Entertainment ini sudah bisa beroperasi pada Desember mendatang,” ucap Chairul Tanjung dihadapan awak media, Senin (8/10/2018).

Kendati demikian, pria yang akrab disapa CT itu enggan membocorkan angka investasi yang dikeluarkan untuk membentuk usaha patungan ini. Ia hanya mengaku akan menggelontorkan dana secukupnya demi mewujudkan tren baru di industri media dan hiburan Tanah Air.

“Komitmen dilakukan secepat mungkin. Mulai besok dua tim dari Jakarta dan Seoul akan mulai bekerja dengan intensif mulai dari Jakarta, Seoul dan akhirnya finalisasi bisa dilakukan di Jakarta,” ungkap CT.

Lebih lanjut CT menilai, populasi Indonesia pada 2020 nanti akan didominasi oleh generasi milenial dan post-milenial yang senantiasa mencari hiburan yang inovatif dan interaktif. Perpaduan antara pengalaman SM Entertainment yang mampu merevolusi industri hiburan dunia dan kemampuan Trans Media dalam memproduksi konten berkualitas serta kekuatan distribusi digital, akan menciptakan standar baru di industri media dan hiburan Tanah Air.

Sementara itu, Young Min Kim, Group CEO SM Entertainment Group menuturkan, kerja sama ini tidak hanya untuk memperbesar popularitas artis di bawah naungan SM di Indonesia, tetapi juga mendorong lahirnya pasar Pop Indonesia dalam skala global.

Menurut Kim, bisnis model di bidang content visual, mobile platfrom dan juga gaya hidup ini, memiliki masa depan yang cerah lantaran fokus dalam pembinaan talenta-talenta muda berbakat Indonesia dengan pangsa pasar generasi milenial.

“Ini adalah partnership untuk menciptakan bisnis anak muda di Asia dan bisnis ini memiliki masa depan yang cerah. Selama ini SM Entertainment dan juga Trans Media sudah saling memberikan dukungan,” jelas Kim di hadapan media.

Melalui pembinaan talenta lokal, lanjut Kim, perusahaan hasil patungan ini diharapkan dapat mengasah talenta tersebut menjadi bintang pop kelas dunia. Joint venture antara SM Entertainment dengan Trans Media ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman antar kedua belah pihak pada hari ini, Senin (8/10) di Gedung Bank Media, Jakarta.

Hadir dalam penandatanganan adalah Group CEO SM Entertainment Young Min Kim, CEO SM Entertainment Asia Tenggara Kyung Jin Han, Chairman CT Corp Chairul Tanjung dan juga CEO Trans Media Atiek Nur Wahyuni.



Baca juga artikel terkait TRANS MEDIA atau tulisan menarik lainnya Dea Chadiza Syafina
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Dea Chadiza Syafina
Penulis: Dea Chadiza Syafina
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight