Skuat Belgia Rasa Liga Inggris di Semifinal Kontra Perancis

Oleh: Agung DH - 11 Juli 2018
Skuat Belgia dipenuhi para pemain di klub Liga Inggris.
tirto.id - Skuat Timnas Belgia serasa klub Liga Inggris pada laga semifinal Piala Dunia 2018 kontra di Stadion St Petersburg Rusia, Rabu dini hari (11/7/2018). Selain Axel Wisel yang bermain di Tianji Quanjian Liga Cina, 10 pemain Belgia yang diturunkan Roberto Martínez bermain di Liga Inggris.

Kiper Belgia Thibaut Courtois dan penyerang Eden Hazard adalah sesama rekan di Chelsea. Sedangkan bek Vincent Kompany dan Kevin De Bruyne sama-sama membela Manchester City. Gelandang Marouane Fellaini dan penyerang Romelu Lukaku adalah satu rekan di Manchester United.

Tottenham Hotspur memiliki tiga wakil di skuat Belgia kali ini yakni Jan Vertonghen, Toby Alderweireld, dan Moussa Dembele. Sementara West Brom 'mewakilkan' Nacer Chadli.

Sang pelatih Roberto Martinez pun pernah mengasuh beberapa klub di Liga Inggris; Everton, Swansea City dan Wigan Athletic. Sebelum menjadi pelatih Martinez pernah bermain untuk Swansea dan Wigan.

Pada masa-masa melatih di Liga Inggris itulah, pelatih asal Spanyol menyadari beberapa talenta-talenta pemain Belgia.

"Bekerja di Liga Inggris [membuat] Anda sangat menyadari bakat [pesepakbola] Belgia. Anda tidak perlu berkunjung ke Belgia untuk menyadari bakat tersebut," kata Martinez sebelum laga.

Pelatih Belgia itu juga mengaku bangga dengan kekompakan skuatnya. Terlepas dari sejarah Belgia yang kurang memuaskan, dengan hanya menembus semifinal Piala Dunia 1986 sebagai catatan terbaik, skuat Roberto Martinez yang kini didominasi sederetan pemain asal Liga Inggris.

“[Skuat] Ini adalah sekelompok orang yang hendak membagikan visi untuk membuat sepakbola Belgia bangga dan mereka telah melakukannya,” lanjut pelatih berkebangsaan Spanyol tersebut.








Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH
DarkLight