Sinopsis Viral: Upaya Lawan Virus yang Sebabkan Orang Jadi Brutal

Oleh: Cicik Novita - 12 Juni 2021
Dibaca Normal 2 menit
Viral mengisahkan perlawanan pada virus worm yang mengubah orang menjadi brutal.
tirto.id - Film Viral adalah sebuah sinema yang bergenre horor sci-fi, akan ditayangkan oleh stasiun televisi Trans TV pada Sabtu (12/6/2021) pukul 21.30 WIB jika tidak ada perubahan jadwal.

Dirilis pada 29 Juli 2016 lalu, film ini adalah karya sutradara Ariel Sculman dan Henry Joost. Sementara skenario film ditulis oleh Christopher Landon dan Barbara Marshall, serta didistribusi secara terbatas oleh Dimension Films.

Viral berkisah tentang dua saudari bernama Stacey dan Emma yang harus terisolasi dalam rumah akibat adanya pandemi virus berbahaya di kota tempat mereka baru pindah, di wilayah California. Virus itu dapat mengubah penderitanya jadi buas dan brutal jika sudah terinfeksi.

Diperankan oleh Sofia Black-D’Elia (Emma Drakeford), Analeigh Tipton (Stacey Drakeford), Travis Tope (Evan Klein), Colson Baker (CJ), Michael Kelly (Michael Drakefood), dan lainnya.

Sinopsis Film Viral (2016)


Stacey dan Emma yang duduk di bangku SMA baru pindah di pinggiran kota wilayah California. Di sekolah, teman mereka bernama Gracie menunjukkan perilaku aneh dengan terus-menerus makan lalu batuk-batuk yang disertai darah.

Saat pulang akhirnya Gracie pingsan dan kejang-kejang, membuat Emma panik lalu lari mencari bantuan. Seorang anak lelaki yang berusaha menolong Gracie terkena semburan muntah darah Gracie. Ia lalu tertular worm virus atau virus cacing yang berbahaya.

Sesampai di rumah, Stacey dan Emma mendengar berita dari televisi bahwa terjadi penyebaran virus worm di daerah mereka. Akses jalan sudah ditutup oleh tentara, karena wilayah itu sedang dikarantina sehingga ayah dan ibunya tidak bisa kembali ke rumah dari luar kota.

Ayah mereka berpesan untuk tidak membuka pintu pada siapapun, juga tidak keluar rumah dan berjaga-jaga karena pandemi virus tersebut sangat berbahaya. Sayangnya, mereka berdua mengabaikan pesan ayahnya.

Stacey menghadiri sebuah pesta, sementara Emma terpaksa ikut. Di pesta itu mereka berjumpa anak laki-laki yang terkena muntahan darah dari Gracie. Ia sudah terlihat pucat dan sakit. Benar saja, tak lama ia juga muntah darah akibat batuk-batuk. Stacey terinfeksi virus, sementara Emma berhasil diselamatkan temannya.

Setelah mereka pulang, Stacey merasakan virus worm itu bergerak di lehernya. Ia merasa lapar dan ingin makan terus akibat perkembangan dari virus di tenggorokannya. Malamnya, mereka melihat tetangga ternyata juga terinfeksi parah dan harus dibawa paksa oleh militer untuk karantina.

Tak berhenti disitu, Evan, teman sekolah Emma memohon untuk boleh masuk dan berlindung di rumah mereka. Akhirnya Emma membuka pintu dan membiarkan Evan masuk. Ternyata ayah Evan sudah tahap infeksi parah sehingga menjadi brutal dan mengejar Evan sampai ke rumah Stacey dan Emma.

Ayah Evan menjebol pintu lalu hendak membunuh mereka semua, namun Stacey menembak pria itu. Serangan Stacey membuat ayah Evan jatuh dan mati, sementara Emma berhasil menyelamatkan diri.

Stacey lalu dikunci dalam kamar mandi oleh Emma dan Evan, agar tidak keluar dan menularkan virusnya. Emma lalu teringat pada pelajaran yang diberikan di sekolah, berencana untuk mengeluarkan parasit yang hidup di leher saudarinya.

Berdua Evan, Emma berusaha menyembuhkan Stacey yang sudah mulai berubah brutal. Berhasilkah usaha Emma menyelamatkan Stacey dan juga dirinya sendiri dari pandemi tersebut?

Laman Rotten Tomatoes mencatat penilaian sebesar 53 persen Tomatometer dari para kritikus, sementara penonton memberi skor 29 persen pada film ini. Situs IMDb mencatat skor 5,5 / 10 dari 8.400 penonton yang ikut menilai.

Selama penayangannya di bioskop seluruh dunia, Viral (2016) mencatat penghasilan sebesar 551,760 ribu dolar AS.


Baca juga artikel terkait VIRAL atau tulisan menarik lainnya Cicik Novita
(tirto.id - Film)

Kontributor: Cicik Novita
Penulis: Cicik Novita
Editor: Dipna Videlia Putsanra
DarkLight