Sinopsis The Last Samurai, Film yang Dibintangi Tom Cruise

Oleh: Muhammad Agung - 8 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film The Last Samurai yang dibintangi oleh Tom Cruise dan disutradarai oleh Edward Zwick.
tirto.id - The Last Samurai diperankan oleh Tom Cruise dan Ken Watanabe sebagai veteran Perang Saudara yang lusuh dan prajurit samurai yang bangga. Cruise berperan sebagai Nathan Algren, seorang pahlawan perang yang mabuk-mabukan, tanpa tujuan dalam hidup.

Nathan dipekerjakan sebagai tentara bayaran untuk melatih pasukan bagi kaisar Jepang, yang ingin merebut kekuasaan dari pemberontakan samurai. Sedangkan Ken Watanebe sebagai pemimpin samurai Katsumoto yang sedang diuji kesetiannya.

Katsumoto berperang melawan prajurit kaisar disamping itu Natsumoto tetap setia pada tradisi kekaisaran yang dipegang, dia akan mengorbankan hidupnya. Algren yang turun dengan tentara Jepang yang sudah dilatih oleh sebelumnya oleh Amerika terjun untuk melawan para samurai yang menolak untuk di modernisasi.

Namun para penasihat Amerika telah melakukan pekerjaan yang buruk dalam melatih, Algren memimpin pasukannya yang belum dicoba ke dalam pertempuran, dia ditangkap dan hendak dieskusi namun Katsumoto mencegahnya dan menjadikannya sebagai tahanan.

Pada titik inilah "The Last Samurai" mulai menampakkan dirinya lebih dari sekadar film aksi. Katsumoto, yang dengan mudah berbicara bahasa Inggris, menjelaskan bahwa dia telah membuat Algren tetap hidup karena dia ingin mengetahui musuhnya.

Algren pada awalnya menolak untuk berbicara, tetapi secara bertahap dia mulai melakukan percakapan filosofis tentang etika perang dan pejuang.

Bagi Algren, kehidupan desa tradisional adalah obat kuat yang menenangka setelah dihantui oleh mimpi buruk dari pengalaman masa perangnya. Algren telah ditempatkan di rumah Taka (Koyuki), janda dari seorang pria yang dia bunuh dalam pertempuran.

Katsumoto telah menjanjikan hidupnya untuk mempertahankan kode samurai yang sekarat. Sedangkan Algren secara bertahap mengubah kesetiaanua, menjauh dari tentara bayaran dan menjadi seorang samurai.

Film ini menggambarkan tentang militer bahwa seorang pria dalam pertempuran dimotivasi bukan oleh tujuan, tetapi oleh kesetiaan kepada rekan-rekan.

The Last Samurai merupakan film besutan Edward Zwick. IMDb memberi bintang 7,7 dari 10 untuk film yang ditulis oleh John Logan ini. The Last Samurai tayang untuk pertama kali di Amerika Serikat pada 5 Desember 2003.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Muhammad Agung
(tirto.id - Film)

Kontributor: Muhammad Agung
Penulis: Muhammad Agung
Editor: Yantina Debora
DarkLight