Sinopsis Sobat Ambyar: Film Pertama dan Terakhir Didi Kempot

Kontributor: Dewi Rukmini - 16 Mar 2021 14:10 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Film Sobat Ambyar dapat menjadi ajang nostalgia bagi para penggemar Didi Kempot, setelah sang maestro tutup usia pada 5 Mei 2020.
tirto.id - Sobat Ambyar yang disutradarai Charles Gozali dan Bagus Bramanti adalah film perdana sekaligus terakhir yang dibintangi oleh Maestro Campursari Indonesia, Didi Kempot. Di film ini, pria yang dijuluki "The Godfather of the Broken Heart" tersebut juga berperan sebagai produser.

Film Sobat Ambyar melibatkan sejumlah pemeran, seperti Bhisma Mulia, Denira Wiraguna, Erick Estrada, Rezca Syam, Asri Welas. Film ini pun menjadi debut Sisca JKT48 di layar lebar.

Tayang perdana di Netflix sejak 14 Januari 2021, film ini mengisahkan Jatmiko (Bhisma Mulia), pemilik kedai kopi yang pemalu dan jatuh cinta kepada Saras (Denira Wiguna), sosok perempuan yang sulit ditebak.

Meski patah hati tidak dapat terelakkan, lagu-lagu Didi Kempot membantu Jatmiko bangkit kembali dari kesedihan.

Film ini dapat menjadi ajang nostalgia bagi para penggemar Didi Kempot, setelah sang maestro tutup usia pada 5 Mei 2020 silam.

Charles Gozali dan Bagus Bramanti sebagai sutradara berharap penayangan film ini di Netflix dapat menjadi obat rindu bagi penggemar Didi Kempot atau yang kerap disebut Sobat Ambyar.

"Saya berharap film ini betul-betul jadi artefak emosional mereka [para Sobat Ambyar]. Seperti memorabilia," kata Bagus pada Selasa (12/1/2021) lalu dikutip dari Antara.

Sedangkan Charles Gozali mengatakan kehadiran film Sobat Ambyar di Netflix diharapkan menjadi pintu bagi karya seni dengan kearifan lokal, seperti campursari, agar dapat diterima dan dinikmati oleh khalayak yang lebih luas lagi.


Sinopsis Film Sobat Ambyar

Cinta pada pandangan pertama memang manis, setidaknya itulah yang dirasakan Jatmiko (Bhisma Mulia) kepada Saras (Denira Wiraguna).

Jatmiko adalah pemilik kedai kopi yang hampir bangkrut karena sepi pelanggan. Sedangkan Saras adalah mahasiswa tingkat akhir asal Surabaya, yang tanpa sengaja menjadi pelanggan kedai kopi milik Jatmiko.

Rasa cinta Jatmiko semakin tumbuh ketika ia membantu Saras mengerjakan skripsi. Jatmiko yang pemalu tidak berani untuk menyatakan perasaannya. Sementara Saras yang selalu menggoda dan akhirnya mengajak Jatmiko menjalin hubungan.

Singkat cerita, Saras yang telah merampungkan skripsi, kembali ke kota asalnya, Surabaya. Akan tetapi, ia tidak pernah membalas pesan chat Whatsapp dari Jatmiko.

Jatmiko yang rindu sekaligus cemas lantas memutuskan untuk mendatangi Saras ke Surabaya. Ia pergi kota itu sambil membawa boneka sebagai hadiah ulang tahun untuk Saras.

Namun, sesampainya di Surabaya Jatmiko harus mengalami patah hati. Saras ternyata telah punya pacar baru, Abdul (Rezca Syam). Jatmiko yang merasa terkhianati akhirnya terpaksa kembali ke Solo dengan perasaan hancur.


Sejak saat itu, Jatmiko mengurung diri dan mengabaikan pengelolaan kedai kopinya. Anjani (Sisca JKT48) dan Kopet (Erick Estrada), adik serta sahabat Jatmiko lalu mencari cara agar ia bangkit.

Berbagai cara mereka lakukan agar Jatmiko melupakan Saras. Mulai dari mengenalkan Jatmiko kepada Wulan (Asri Welas), hingga membuat perjanjian 21 hari move on.

Di tengah usaha Jatmiko untuk move on, Saras hadir kembali di hadapan Jatmiko. Saras meminta maaf atas kesalahannya yang lalu dan memohon kepada Jatmiko untuk hadir ke acara wisudanya.

Jatmiko yang masih menyimpan rasa, menyanggupi hal tersebut. Keputusan Jatmiko itu membuat hubungannya dengan Kopet merengang. Kopet merasa dikhianati karena janji Jatmiko untuk move on justru dilanggar.

Walaupun begitu, Jatmiko bersikeras untuk datang ke acara wisuda Saras. Dia ingin membuktikan bahwa dirinya sosok lelaki yang pantas untuk Saras.

Namun, sekali lagi Jatmiko harus menelan pahitnya patah hati. Dia yang semula yakin Saras akan kembali ke pelukannya, menemui kenyataan sebaliknya. Saras ternyata tetap memilih Abdul.

Dengan bantuan para “Sobat Ambyar”, sebutan fans Didi Kempot, Jatmiko mendapatkan nasihat dari sang "The GodFather of Broken Heart." Didi Kempot memberi pesan jika patah hati obatnya hanya satu yaitu joget (menari).

Apakah Jatmiko berhasil move on dari cinta pertamanya? Saksikan kisah selengkapnya di Film Sobat Ambyar.


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Dewi Rukmini
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dewi Rukmini
Penulis: Dewi Rukmini
Editor: Addi M Idhom

DarkLight