Sinopsis Film yang Masuk Nominasi Berbahasa Asing Oscar 2019

Oleh: Anggit Setiani Dayana - 8 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Capernaun, Cold War, Never Look Away, Roma dan Shoplifters yang masuk nominasi film Bahasa Asing Oscar 2019.
tirto.id - Nominasi Film terbaik untuk kategoti Berbahasa Asing untuk Ajang Penghargaan Film Oscar 2019 telah di umumkan 29 Januari lalu. Capernaum, Cold War, Never Look Away, Roma, dan Shoplifters.

Capernaum

Film asal Libanon ini di sutradarai oleh Nadine Labaki yang mengisahkan tentang Zain (Zain Al-Rafeea), seorang anak berusia 12 tahun.

Mengambil seting di daerah kumuh Beirut (Ibukota Libanon), Zain melintasi kota pesisir dan bertemu imigran Etiopia, Rahil dan anaknya Yonas.

Rahil mengambil Zain dan menjadipejaga Yonas. Hidup Zain kembali terlunta-lunta ketika Rahil menghilang, menyisakan keputus asaan bagi Zain.

Cold War

Cold War adalah film romansa yang berlatar tahun 1950 an tentang seorang perempuan dan laki-laki yang bertemu usai Perang di Polandia.

Dengan perbedaan latar belakang dan temperamen, keduanya berbeda satu sama lain tapi terpaksa harus bersama.

Selain Polandia, Cold War megambil seting di Berlin, Yugoslavia, dan Paris. Sang direktur, Pawel Pawlikowski menceritakan sebuah kisah cinta rumit di waktu yang sulit.

Dibintangi oleh Joanna Kulig dan Tomasz Kot mengisahkan pasangan yang terpisah karena politik, perbedaan karakter, dan takdir.

Never Look Away

Ditulis dan disutradarai oleh Florian Hneckel von Donnersmarck, film berbahasa Jerman ini mengisahkan tentang Seorang mahasiswa seni, Kurt (Tom Schilling) yang jatuh cinta pada muridnya Ellie (Paula Beer).


Hubungan tersebut dilarang oleh ayah Ellie, Profesor Seeband (Sebastian Koch) ayng mencemaskan hubungan keduanya dan bersumpah untuk menghancurkan hubungan tersebut tanpa Ellie dan Kurt tahu bahwa mereka bertemu karena kejahatan yang Seeband lakukan di masa lalu.

Roma

Mengambil setting di Mexico City tahun 1970 an, Cleo seorang asisten rumah tangga di keluarga kelas menengah mengambil peran lebih untuk merawat anak-anak majikannya di tengah pergolakan pribadi dan politik yang terjadi di masa itu.

Roma menembus banyak nominasi Oscar tahun ini. selain Kategori Film Berbahasa Asing Terbaik, Roma juga masuk dalam Kategori Best Picture dan Best Leading Actrees, serta 7 nominasi lainnya.

Shoplifters

Film garapan Hirokazu Kore-eda ini mengisahkan keluarga Osamu yang miskin di Jepang yang mengasuh seorang anak perempuan telantar.

Karena hal tersebut melanggar undang-undang, mereka dipanggil pihak berwajib. Kepercayaan dan kesetiaan tumbuh satu sama lain bersamaan dengan rahasia keluarga mereka yang terbongkar.

Baca juga artikel terkait OSCAR 2019 atau tulisan menarik lainnya Anggit Setiani Dayana
(tirto.id - Film)

Penulis: Anggit Setiani Dayana
Editor: Yantina Debora
DarkLight