Sinopsis Film Ranah 3 Warna dan Jadwal Tayang di Bioskop

Kontributor: Auvry Abeyasa - 23 Jun 2022 18:05 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Nonton film Ranah 3 Warna kisah tentang persahabatan yang akan tayang di bioskop pada 30 Juli 2022.
tirto.id - Ranah 3 Warna merupakan film adaptasi dari novel karya A. Fuadi. Film ini dijadwalkan tayang di bioskop Tanah Air mulai 30 Juli 2022.

Sama seperti novelnya, Ranah 3 Warna akan membawakan kisah tentang persahabatan dan perjuangan meraih impian.

Tokoh utama yang beradu peran dalam film ini di antaranya, Arbani Yazis, Teuku Rasya, dan Amanda Rawles. Berikut sinopsisnya.

Sinopsis Ranah 3 Warna

Dikisahkan, Alif Fikri tak pernah ingin bersaing dengan sahabat satu kampungnya, Randai. Akan tetapi, Randai selalu menjadi bayang-bayang pencapaian Alif. Baik dalam pendidikan maupun kisah cintanya.

Alif berhasil mengamankan bangku kuliah di UNPAD, sementara Randai berhasil masuk ITB. Padahal kampus teknik terbaik di Bandung itu lah, kampus yang dulunya dicita-citakan Alif.

Tak hanya itu, Alif sebenarnya menaruh hati pada Raisa yang satu kampus dengannya, namun Randai terlihat lebih cekatan dan mahir dalam mengambil hati Raisa. Alif benar-benar diuji kesabarannya untuk mempertahankan persahabatannya.

Alif Fikri memiliki keinginan besar untuk dapat menempuh pendidikan hingga ke ujung dunia, seperti yang idolanya lakukan, yakni B.J. Habibie.

Dalam perjalanannya, Alif benar-benar dihadapkan pada ujian kesabaran untuk mendapatkan semua keinginannya.

Alif kerap kali mendapatkan perlakuan kurang menyenangkan dari teman dan orang dekatnya. Ia diremehkan, dicaci, dan dipandang sebelah mata. Namun itu tak mengubah keteguhannya.

Satu kunci yang selalu ia pegang erat dalam menghadapi setiap masalahnya yaitu “man shabara zhafira,” barang siapa bersabar maka dia akan beruntung. Beruntung dalam pertaruhan hidup.

Film produksi MNC Picture Movie ini berhasil mengemas moral yang disampaikan penulis pada generasi milenial. Juga, dibalut dengan tradisi dan budaya Minang yang kental sehingga memberi karakter dan ciri khas pada alur ceritanya.

Sebelum diangkat ke layar lebar, Ranah 3 Warna pernah tayang di Jakarta Film Week pada 18-21 November 2021.

Alim Sudio bertindak sebagai pengarap naskah film berdurasi 2 jam 30 menit ini, disamping Ahmad Fuadi yang pertama kali menelurkan novel Ranah 3 Warna.

Aktor dan aktris ternama di Indonesia turut menyemarakkan film ini, seperti: Lukman Sardi, Donny Alamsyah, Raim Laode, Asri Welas, dan Maudy Koesnaedi.

Guntur Soeharjanto, yang pernah menggarap film 99 Cahaya Di Langit Eropa, Jilbab Traveller, dan Lampor kembali mengambil peran sebagai sutradara dalam film ini.

Lewat tangan dinginnya, ia meramu perpaduan sinematik yang layak ditonton berbagai kalangan. Jangan lewatkan keseruan kisah Alif Fikri mewujudkan cita-citanya. Kisahnya dapat disaksikan di bioskop tanah air seperti CGV dan XXI mulai 30 Juni 2022.

Trailer Ranah 3 Warna


Baca juga artikel terkait SINOPSIS RANAH 3 WARNA atau tulisan menarik lainnya Auvry Abeyasa
(tirto.id - Film)

Kontributor: Auvry Abeyasa
Penulis: Auvry Abeyasa
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight