Sinopsis Film Oldboy Bioskop Trans TV: Josh Brolin Disekap 20 Tahun

Kontributor: Yunita Dewi - 14 Mei 2022 11:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis Oldboy: seorang pria yang dikurung selama puluhan tahun tanpa tahu penyebabnya.
tirto.id - Film Oldboy (2013) akan hadir dalam Program Bioskop Trans TV Sabtu, 14 Mei 2022. Jika tidak ada perubahan jadwal, film yang dibintangi oleh Josh Brolin tersebut bakal tayang pada pukul 23.30 WIB.

Oldboy ditayangkan secara perdana pada 27 November 2013 di Amerika Serikat. Film ini berada di bawah naungan rumah produksi dari 40 Acres and a Mule Filmworks, Good Universe, dan Vertigo Entertainment.

Selain Josh Brolin, film yang bergenre mystery/ action film ini juga dibintangi oleh aktor/aktris kondang lainnya, seperti Grey Damon, Elizabeth Olsen, Sharlto Copley, Samuel L. Jackson, Michael Imperioli, James Ransone, Max Casella, Linda Emond, Pom Klementieff, Elvis Nolasco, Lance Reddick, dan Hannah Ware.

Sinema yang didistribusikan oleh FilmDistrict ini disutradarai oleh Spike Lee dengan naskah skenario yang ditulis oleh Mark Protosevich yang diadaptasi dari manga Jepang serta sebuah remake dari film Korea Selatan dengan judul sama yang diproduksi tahun 2003 silam.

Mark Protosevich dalam penggarapan naskah skenario tidak memberikan banyak sentuhan kreatif dari sisi alur dan plot. Sehingga sama saja seperti hasil karya Park Chan-wook dalam versi aslinya.

Spike Lee sendiri sebelumnya sukses menggarap sejumlah film di antaranya Do the Right Thing (1989), Malcolm X (1992), Bamboozled (2000), 25th Hour (2002), Inside Man (2006), Red Hook Summer (2012), dan Da Sweet Blood of Jesus (2014).

Oldboy (2013) sempat memasuki sejumlah nominasi penghargaan di antaranya Hollywood Award 2014, Golden Trailer Award 2014, dan Women Film Critics Circle Awards 2013.

Melansir dari situs film IMDb, Oldboy (2013) mendapatkan rating 5.7/10 poin berdasarkan lebih dari 75 ribu suara. Sementara itu, film ini hanya mendapatkan rating 39 persen dari kritikus dan 37 persen dari audiens Rotten Tomatoes.

Box Office Mojo mencatat, Oldboy hanya memperoleh pendapatan global sebanyak 5,2 juta dolar AS dari total anggaran 30 juta dolar AS selama penayangannya.

Sinopsis Film Oldboy (2013)


Film yang mengambil 1993 ini mengisahkan seorang pria yang dikurung di dalam ruangan kedap suara selama 20 tahun tanpa mengetahui penyebabnya.

Joe Duccett (Josh Brolin) sedang dalam perjalanan pulang dari kantor dengan keadaan mabuk berat. Sebelum pulang ke rumah, ia berencana mampir ke toko mainan untuk membelikan hadiah putrinya, Mia.

Akibat pengaruh dari alkohol bukannya segera pulang karena istrinya telah menunggu, Joe malah pergi ke bar milik temannya.

Lantaran keadaan Joe yang sedang mabuk berat, sang pemilik bar bernama Chucky (Michael Imperioli) melarangnya untuk masuk. Alhasil, Joe pun memutuskan untuk pergi dari bar tersebut.

Beberapa lama kemudian, Joe tersadar dari mabuknya. Namun, ia menyadari bahwa dirinya berada di tempat asing, yakni sebuah kamar berlapis baja dan tanpa jendela.

Ruangan tersebut kedap suara sehingga ia tak mendengar suara apapun dari luar. Di kamar tersebut ada kasur, televisi, dan seekor tikus kecil berwarna putih.

Joe dikurung berhari-hari dalam ruangan tersebut tanpa mengetahui kesalahan apa yang telah ia lakukan. Setiap hari, Joe mendapatkan jatah makanan yang dikirim ke kamar lewat lubang kecil di pintu.

Hingga pada suatu hari, terdapat sebuah berita di televisi yang menyiarkan istri Joe dibunuh dan Joe dijadikan sebagai tersangka. Joe jadi tersangka karena ada sidik jari miliknya di tempat kejadian perkara.

Merasa difitnah, Joe pun berusaha melarikan diri dari ruangan tersebut. Namun usahanya selalu gagal hingga akhirnya ia pasrah.

Kemudian, Joe melihat berita tentang Mia yang telah sukses jadi pemusik dan kini diadopsi oleh orang lain. Ia mulai memiliki tekad untuk berjumpa dengan anaknya, hingga akhirnya ia berhasil kabur dari ruangan tempatnya dikurung selama 20 tahun.

Lantas, akankah Joe berhasil bertemu dengan Mia? Dan apakah ia mampu mengungkap siapa orang yang mengurungnya? Saksikan kisah selengkapnya dalam film Oldboy (2013) di Bioskop Trans TV pukul 23.30 WIB.


Baca juga artikel terkait OLDBOY atau tulisan menarik lainnya Yunita Dewi
(tirto.id - Film)

Kontributor: Yunita Dewi
Penulis: Yunita Dewi
Editor: Dipna Videlia Putsanra

DarkLight