Sinopsis Film My First Client: Kisah Nyata Kekerasan terhadap Anak

Oleh: Farizqa Ayuluqyana Putri - 3 Februari 2021
Dibaca Normal 2 menit
Sinopsis film My First Client: cerita tindakan kekerasan orang tua terhadap anaknya yang berujung pada kematian, berdasar kisah nyata di Korea.
tirto.id - Mengangkat sebuah tragedi pada tahun 2013, di Chilgok, Gyeongsang Utara, Korea Selatan, film My First Client tayang perdana pada 22 Mei 2019. Berangkat dari kasus penganiayaan oleh seorang wanita terhadap anak tirinya yang berujung kematian, film ini menyodorkan kisah yang menyayat hati.

Melalui tayangan berdurasi 114 menit, film ini turut menceritakan perjuangan seorang pengacara muda dengan idealisme tinggi dalam meraih kesuksesan. Aktor Lee Dong Hwi yang identik dengan peran komedi, kali ini dituntut untuk memainkan peran sebagai sosok yang serius.

Film dengan judul asli Eorin Uiroein garapan sutradara Jang Gyu-Sung bersama sang produser, Do Young-Hoon, ini menyajikan kisah naas itu dalam genre drama hukum.

Sekalipun jalan ceritanya terkesan sederhana, My First Client mendapatkan penilaian positif. Situs IMDb mencatat film ini mendapat skor 7.2/10.

Sinopsis My First Client

Seorang anak sudah selayaknya mendapatkan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Namun hal ini tidak pernah dirasakan oleh Da Bin (Myung-Bin Choi) dan Min Joon (Lee Joo Won). Mereka jadi anak piatu sejak kecil, dan hanya sang kakak, Da Bin yang pernah bertemu dengan ibunya.

Da Bin pun sudah tidak begitu mengingat wajah sang ibu lantaran ia masih terlalu kecil ketika jadi piatu. Sedangkan Min Joon hanya dapat membayangkan sosok ibunya dari cerita sang kakak sebab semua potret wajah ibunya dirusak oleh sang ayah.


Sang ayah, Jong Nam (Won Hyun-Joon), diceritakan terlalu sibuk dengan pekerjaanya, hingga tak sanggup merawat kedua anaknya. Seluruh pekerjaan rumah termasuk menjaga Min Joon dilakukan oleh Da Bin, sampai suatu ketika Jong Nam memperkenalkan Seon Yu (Ji Sook) sebagai ibu baru mereka.

Berkat kehadiran Seon Yu, perasaan bahagia sempat dirasakan Da Bin dan Min Joon. Namun hari-hari indah itu hanya bertahan dalam hitungan hari. Sifat tempramental Seon Yu mulai terlihat saat Min Joon yang belum terlalu mahir menggunakan sumpit selalu menjatuhkan makanannya.

Di lain sisi, ada Jeong Yeob (Lee Dong Hwi), seorang pengacara yang terpaksa bekerja di lembaga kesejahteraan anak karena terus-terusan ditolak perusahaan. Pada hari pertama Jeong Yeob kerja, dirinya langsung dihadapkan pada kasus penganiayaan yang dilaporkan oleh Da Bin.


Namun, sebagai perwakilan dari lembaga kesejahteraan anak, Jeong Yeob hanya berwenang untuk menanyakan kejadian tersebut pada orang tua si pelapor.

Seperti pada umumnya pelaku tindak kekerasan, Seon Yu yang jelas-jelas berlaku kasar kepada anaknya justru berakting manis di depan Jeong Yeob dan So Jung (Na-Ra Lee).

Sepulang perwakilan lembaga kesejahteraan anak, Seon Yu berbalik naik pitam serta menghukum dan kembali menyiksa Da Bin. Hal ini sempat diketahui sang ayah. Namun, faktanya mereka sama-sama "merawat" Da Bin dan Min Joon semata karena uang yang dikirimkan untuk anaknya.

Keesokan harinya, niat Da Bin yang ingin meminta bantuan pada sang guru mesti tertunda. Sebab, gurunya sedang sibuk. Min Joon pun menyarankan Da Bin untuk meminta perlindungan pada Jeong Yeob.

Keduanya lantas mengunjungi Jeong Yeob di kantor lembaga kesejahteraan anak. Jeong Yeob yang memang tugasnya berkaitan dengan kesejahteraan anak-anak lalu membawa mereka berkeliling. Jeong Yeob pun mengajak mereka makan hamburger sembari mendengarkan cerita kakak-adik itu.

Pada saat itu, Da Bin yang melihat kedekatan antara ibu dan anak yang sedang bersantap di kedai membuatnya reflek bertanya tentang seperti apa ibu Jeong Yeob. Namun, Jeong Yeob ternyata tak memiliki orang tua sejak kecil, sehingga tidak bisa bercerita banyak.


Singkat cerita, Jeong Yeob harus pindah ke Seoul lantaran di terima kerja di firma hukum ternama dan meninggalkan Da Bin juga Min Joon. Baru berpisah beberapa hari, Jeong Yeob yang sedang berada di Seoul mendadak diminta untuk mengunjungi Da Bin di rumah sakit.

Da Bin meminta Jeong Yeob untuk membawa dirinya dan Min Joon agar terpisah dari Seon Yu yang semakin kasar. Akan tetapi, saat itu Da Bin masih enggan menceritakan kronologi penyiksaan yang dilakukan oleh ibu tirinya. Sementara Jeong Yeob tidak dapat berbuat banyak, meski sangat ingin membantu membantu kedua anak itu.

Sampai satu ketika Jeong Yeob menerima kabar bahwa Min Joon telah tiada. Menurut info yang ia terima, Min Joon semula diketahui mencuri 50 dolar dari ibunya untuk membeli hamburger.

Ternyata, Min Joon enggan mengembalikannya karena uang tersebut adalah pemberian Jeong Yeob dan dirinya sudah berjanji untuk tetap menjaga uang itu demi makan hamburger bersama.

Karena ketakutan dan tidak ingin menerima nasib yang sama, Da Bin terpaksa mengakui tindakan yang sebenarnya dilakukan oleh ibu tirinya. Da Bin membuat pernyataan palsu bahwa dirinya yang memukuli Min Joon sampai meregang nyawa.

Dengan diliputi perasaan bersalah Jeong Yeob berjanji pada dirinya sendiri untuk menyelamatkan Da Bin dan mengungkap kebenaran dalam kasus kematian Min Joon.

Apakah Jeong Yeob berhasil membuat Jong Nam dan Seon Yu menerima hukuman? Simak cerita selengkapnya di film My First Client.

Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Farizqa Ayuluqyana Putri
(tirto.id - Film)

Kontributor: Farizqa Ayuluqyana Putri
Penulis: Farizqa Ayuluqyana Putri
Editor: Addi M Idhom
DarkLight