Sinopsis Film Hichki: Kisah Guru Pengidap Tourette Syndrome

Kontributor: Dede Mudopar - 16 Nov 2020 16:39 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Film Hichki (2018) bisa menjadi inspirasi para guru dalam melakukan pendekatan terhadap murid.
tirto.id - Hichki (2018) adalah film Bollywood yang mengangkat tema soal pendidikan. Hichki merupakan film yang dirilis pada Maret 2018 di India kemudian menyusul di beberapa negara lain.

Film yang disutradarai oleh Siddharth Malhotra ini mampu meraup keuntungan 26 juta dolar Amerika Serikat sejak film ini rilis.

Hichki dibintangi oleh aktris kawakan Rani Mukerji sebagai tokoh utama. Nama Rani Mukerji semakin dikenal publik luas setelah membintangi film Kuch Kuch Hota Hai (1998) bersama Shah Rukh Khan dan Kajol.

Selain Rani Mukerji, Hichki juga dibintangi oleh pemeran pendukung seperti Neeraj Kabi, Rohit Saraf dan Ivan Rodrigues.

Sinopsis Hichki

Naina Mathur (diperankan Rani Mukerji) merupakan seorang guru yang mengidap sindrom Tourette, yaitu kelainan neurologis yang menyebabkan penderitanya mengeluarkan kata-kata atau melakukan gerakan tanpa bisa dikontrol dan secara spontan. Dia bisa mengalami cegukan dengan tiba-tiba.

Setelah lulus menjadi sarjana pendidikan, Naina melamar ke berbagai sekolah untuk menjadi seorang guru. Namun, 12 sekolah yang dia lamar tak ada satu pun menerimanya karena sindrom yang dimilikinya itu. Mereka meragukan kemampuan mengajar Naina. Bahkan, sang ayah, Prabhakar Mathur (Sachin Pilgaonkar) sempat meragukan kemampuannya.

Setelah mengalami penolakan demi penolakan, Naina akhirnya diterima di sekolah St. Notker's, salah satu sekolah elit di kotanya. Naina kemudian dipercaya menjadi wali kelas 9F.

Kelas yang diajar oleh Naina dihuni oleh murid-murid yang bermasalah, dan oleh karena itu banyak guru yang menyerah dan tidak betah mengajar di kelas ini. Itulah alasan penerimaan Naina di sekolah tersebut. Kelas ini terdiri dari murid dari latar belakang keluarga kelas bawah di kota tersebut.

Naina mengalami perlakuan yang tidak menyenangkan dari murid-muridnya. Dia diejek dan dijahili. Namun, Naina tidak menyerah dan terus berusaha memperbaiki murid-muridnya.

Naina mengerahkan segala kemampuan dan melakukan pendekatan yang berbeda kepada murid-muridnya. Dia berusaha membuktikan bahwa murid-muridnya merupakan orang-orang yang mempunyai kemampuan seperti murid lainnya di sekolah tersebut. Serta meyakinkan murid-muridnya bahwa mereka punya potensi dalam dirinya. Perjuangan

Film yang emosional ini mampu menjadi inspirasi untuk yang berprofesi sebagai guru dalam melakukan pendekatan terhadap murid.

Perfilman Bollywood seringkali mengangkat tema pendidikan. Baik itu mengenai sistem pendidikan maupun tentang guru. Selain Hichki, film Bollywood yang juga bertema pendidikan adalah 3 Idiots (2009), Hindi Medium (2017) dan Taare Zameen Par (2007).





Baca juga artikel terkait HICHKI atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight