Sinopsis Film Ashfall: Cerita Dramatis Letusan Gunung di Korea

Oleh: Jessica Amelia Hapsari - 2 Februari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis film Ashfall: sinema aksi menegangkan asal Korea Selatan dengan latar bencana gunung api meletus.
tirto.id - Ashfall merupakan salah film terlaris di Korea dengan kualitas sinematik kelas Hollywood. Tak lama setelah dirilis pada 19 Desember 2019, film ini segera memuncaki Box Office di Korea Selatan. Dua hari usai tayang perdana, film ini bahkan sudah menarik 4 juta penonton.

Film tersebut dipenuhi aksi menegangkan dengan latar kisah letusan Gunung Baekdu yang memicu kerusakan besar di Semenanjung Korea.

Disutradarai oleh Lee-Hae Jun dan Kim Byung Seo, Ashfall melibatkan sejumlah pemeran sinema populer di negeri K-Pop, seperti Ha Jung-Woo, Bae Suzy, Lee Byung-Hyun, dan Ma Dong-seok.

Selain memikat jutaan penonton, Ashfall menyabet tiga penghargaan dan 9 nominasi dari 7 ajang berbeda pada tahun 2020.

Ashfall memenangkan penghargaan kategori Ten Best Films of the Year dalam Korean Association of Film Critics Awards 2020. Film ini juga diganjar penghargaan Grand Bell Award 2020 di kategori Best Actor (Lee Byung Hun) dan Technical Award (Andras Ikladi).

Sementara dalam Asian Film Awards 2020, Ashfall mendapatkan 2 nominasi, yakni di kategori Best Visual Effects dan Best Sound.

Di laman imdb, film yang berdurasi 130 menit ini memiliki rating 6,2/10 dari 3.041 penilai. Adapun di situs rottentomatoes, Ashfall mendapatkan skor tomatometer 70 persen, serta rating 74 persen dari penonton.

Sinopsis Film Ashfall

Alkisah, hidup sepasang suami istri, yaitu Jo In-Chang dan Choi-Ji Yeong yang sedang menantikan kelahiran dari anak pertama mereka. Jo In-Chang yang seorang teknisi dan eks anggota militer itu sedang dibebastugaskan agar dapat menemani istrinya. Namun, bencana besar akan terjadi.

Gunung Baekdu yang berada di perbatasan Korea Utara dan China meletus. Dengan posisi gunung di Semenanjung Korea, Kang Bong-Rae, seorang ahli geologi, memprediksikan bahwa letusan yang sangat dahsyat akan terjadi sekaligus bisa menimbulkan gempa, tsunami, hingga menghancurkan hampir seluruh Korea.

Semula Bong-Rae, yang blasteran Amerika-Korea Selatan berencana untuk menghindari bencana itu dengan pulang ke negeri paman sam. Namun, dia terpaksa harus bertahan karena Presiden Korea Selatan memintanya untuk terlibat mengantisipasi bencana.


Akhirnya Bong-Rae merencanakan strategi yang bisa saja menghancurkan hubungan antara Korea Selatan, China dan Korea Utara. Dia mengusulkan peledakan 600 kilo ton bom nuklir di bawah Gunung Baekdu agar lahar panas dapat mengalir dengan lancar tanpa disertai ledakan besar.

Gagasan itu sempat diragukan karena bisa memicu kerusakan di wilayah 3 negara. Namun, hanya itu strategi yang dapat menyelamatkan Semenanjung Korea.

Maka itu, diutuslah Jo In-Chang dan juga beberapa anggota militer Korsel lainnya ke Korea Utara. Mereka akan menemui Lee Joon-Pyeong, selaku agen mata-mata yang tahu letak bom nuklir milik tetangga dekat sekaligus musuh bebuyutan Korsel.

Di tengah misi itulah, aksi menegangkan terjadi. Tim Jo In-Chang harus melawan beberapa tentara Korea Utara yang mengawasi perbatasan.

Apakah Jo In-Chang dapat menyelesaikan misi tersebut? Cara apa saja yang akan ia tempuh untuk mencapainya? Tonton Film Ashfall (2019) ini di platform digital kesayangan Anda.


Baca juga artikel terkait ASHFALL atau tulisan menarik lainnya Jessica Amelia Hapsari
(tirto.id - Film)

Kontributor: Jessica Amelia Hapsari
Penulis: Jessica Amelia Hapsari
Editor: Addi M Idhom
DarkLight