Sinopsis Dune, Petualangan di Planet Arrakis Tayang 1 Oktober 2021

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 17 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Dune tentang Planet Arrakis yang memiliki rempah-rempah terbesar yang membuat umur jadi panjang kalau mengonsumsinya.
tirto.id - Dune, menjadi salah satu film yang dinanti di tahun 2021. Film ini diadaptasi dari novel fiksi ilmiah dengan judul yang sama, gubahan Frank Herbert. Novel tersebut terbit di tahun 1965.

Novel itu juga menjadi pemenang dalam Hugo Award dan Nebula Award untuk kategori fiksi ilmiah luar biasa. Bahkan, inilah novel fiksi ilmiah yang dinilai terlaris sepanjang sejarah.

Kepopuleran Dune selain diangkat dalam film layar lebar, sebelumnya juga digarap dalam bentuk lima sekuel, mini seri, game komputer, dan beberapa prekuel.

Film Dune yang rencananya dirilis pada 1 Oktober 2021. Jadwal ini mundur dari sebelumnya yang rencana tayang perdana 18 Desember 2020.

Warner Bros bahkan sempat akan merilis secara hybrid di 2021, yaitu di bioskop dan streaming melalui HBO Max bebarengan. Namun rencana tersebut ditentang oleh para pihak yang terlibat produksi dan dinilai tidak menghormati pembuat produksi.

Dune dibintangi oleh Zendaya, Timothée Chalamet, Rebecca Ferguson ,Oscar Isaac, Jason Momoa, Josh Brolin, Dave Bautista, dan Javier Bardem. Sementara sutradaranya yaitu Denis Villeneuve, yang juag merangkap sebagai penulis bersama Jon Spaihts dan Eric Roth.

Sinopsis Dune

Dikisahkan Paul Atreides (Tomothee Chalamet) dan keluarganya akan pindah dari Caladan sebagai tempat tinggalnya saat ini. Mereka akan menjalani hai baru di planet Arrakis. Planet ini memiliki kondisi geografis berupa gurun yang luas.

Meski tampak gersang, namun ada yang istimewa di sana. Ditemukan pasokan rempah-rempah nan melimpah yang disebut spice di sana. Rempah-rempah tersebut memiliki efek menyembuhkan hingga sering dijadikan sebagai obat.

Di samping itu, siapa pun yang makan rempah diyakini memiliki hidup yang panjang dan sehat di masa depan. Oleh sebab itu, spice adalah barag penting dan pasti dibutuhkan siapa pun.

Keluarga Paul cukup beruntung. Planet Arrakis diwariskan kepemilikannya kepada mereka. Dan, sumber daya alam terbesar dari rempah spice, pusatnya ada di Arrakis.

Walaupun klan Atreides adalah pemilik dari planet Arrakis, namun mereka tidak hidup menyendiri. Di sana juga menjadi tempat tinggal bagi penduduk asli yang dinamakan Fremen. Selain itu, keluarga kerajaan yang menjadi pesaing bagi keluarga Atreides, cenderung bersikap memusuhi.

Planet Arrakis yang berekosistem gurun, sebenarnya tidak ramah untuk sebagian besar kehidupan organik. Suku Fremen juga sebenarnya jarang menghuninya. Suku Fremen memiliki ritual dan sistem kompleks untuk melakukan konservasi air di planet gersang itu.

Mereka menghemat air dengan menyulingnya dari orang mati. Budaya mereka berkisar pada rempah-rempah yang tercipta dari siklus hidup ulat pasir raksasa yang mendominasi gurun.

Film Dune memiliki cerita yang sangat mendetail. Termasuk tokoh protagonisnya, berperan untuk membuat dirinya seolah anti-pahlawan. Film ini diyakini memiliki unsur fiksi ilmiah yang meyakinkan dan lebih baik dari karya Villeneuve lainnya, "Blade Runner 2049".


Baca juga artikel terkait SINOPSIS FILM atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Yantina Debora
DarkLight