tirto.id - YouTuber Mr Beast, youtuber terkaya dengan 152 juta subscribers sedang menjadi perbincangan warganet. Dia saat ini sedang mengadakan giveaway uang total $100.000 untuk pengikutnya dalam rangka merayakan ulang tahunnya yang ke 25 tahun pada 7 Mei lalu.
Mr Beast mulanya berniat membagikan uang total $50.000 untuk 5 orang pemenang saja, sontak kabar ini membuat pengikutnya antusias mengikuti giveaway.
Apalagi, untuk mengikuti giveaway dari Mr Beast cukup mudah, Anda hanya perlu mengikuti akun miliknya kemudian membagikan postingan giveaway Mr Beast ke Instagram Stories. Kemudian, tandai seseorang dalam kolom komentar.
Postingan terkait giveaway tersebut sampai-sampai diturunkan oleh pihak Instagram karena kolom komentar pada postingan membludak.
Namun, hal ini malah membuat Mr Beast semakin semangat untuk bagi-bagi uang dengan para pengikutnya, setelah postingannya diturunkan oleh Instagram, Mr Beast menambah total jumlah giveaway menjadi USD 100.000 untuk 10 orang pemenang.
Informasi penambahan jumlah giveaway tersebut dia umumkan melalui Instagram stories miliknya “Insta menurunkan postingan saya, tapi semua baik-baik saja, kami telah menyimpan nama-nama. Besok saya akan memberikan kepada 10 orang USD 10.000 bukannya 5 orang,” tulisnya.
Profil Mr Beast
Mr Beast lahir dengan nama Jimmy Donaldson pada tanggal 7 Mei 1998. Dia dan saudaranya, CJ, dibesarkan di Carolina Utara bagian timur di kota Greenville. Pada tahun 2016, dia lulus dari Greenville Christian Academy, sebuah sekolah menengah swasta di daerah tersebut.
Seperti ditulis laman Business Insider, Donaldson mengunggah video pertamanya di YouTube pada Februari 2012, saat dia baru berusia 13 tahun. Saa memulai karier YouTubenya di usia remaja, dia mengunggah video dengan nama pengguna "MrBeast6000."
Selama beberapa tahun pertama, Donaldson berusaha, namun tidak berhasil, untuk menguasai algoritma YouTube dengan membuat konten yang menurutnya akan menarik penonton terbanyak.
Ketika Mr Beast mencoba memahami algoritma YouTube, dia sempat melewati beberapa tahap tren di salurannya seperti kompilasi lucu bermain "Minecraft" dan "Call of Duty," memperkirakan kekayaan YouTuber, menawarkan tips dan trik kepada para kreator yang bercita-cita tinggi, dan mengomentari drama YouTuber. Mr Beast sendiri hanya tampil sedikit dalam video-videonya di masa-masa awal.
Mr Beast mulai mendapatkan pengikut pada tahun 2015 dan 2016 berkat seri video "intro terburuk", yang mengumpulkan dan mengolok-olok perkenalan YouTuber yang dia temukan di platform. Pada pertengahan 2016, Mr Beast mencapai 30.000 pelanggan.
Pada akhir 2016, Mr Beast mendaftar kuliah. YouTuber ini mengatakan bahwa ia hanya bertahan selama dua minggu sebelum ia keluar, dan memberitahu ibunya:
"Saya lebih baik menjadi miskin daripada melakukan hal lain selain YouTube." Ibunya memaksanya pindah dari rumah masa kecilnya di North Carolina pada usia 18 tahun karena "dia mencintai saya dan hanya ingin saya sukses," kata Mr Beast.
Mr Beast pertama kali menjadi viral pada Januari 2017, saat ia mengunggah video yang menunjukkan dirinya menghitung sampai 100.000 yang kemudian ia ungkapkan membutuhkan waktu 44 jam. "Saya benar-benar menginginkannya," kata Mr Beast kemudian tentang tantangan tersebut. "Saya telah putus kuliah, saya tidak menghasilkan banyak uang. Saya tahu ini akan menjadi viral," ujarnya.
Setelah video pertamanya menjadi viral, Mr Beast menemukan apa yang disukai oleh algoritme YouTube. Dia dengan cepat mengumpulkan lebih banyak penonton dengan aksi serupa, seperti memutar fidget spinner selama 24 jam dan menonton video musik "It's Everyday Bro" dari Jake Paul selama 10 jam berturut-turut. Pada November 2017, Mr Beast mencapai 1 juta pelanggan.
Sekarang, Mr Beast memiliki beberapa jenis video yang menjadi andalannya di salurannya. Dia masih melakukan aksi-aksi yang melelahkan dan berdurasi berjam-jam yang membuatnya mendapat julukan i "junklord YouTube". Dia juga masih membuat tantangan kepada orang-orang yang menonton videonya pada orang detik terakhir dan dan memberikan ribuan dolar.
Judul-judul video tersebut seperti "Melewati Drive Thru yang Sama 1.000 Kali" hingga "Yang Terakhir Mengangkat Tangan, Mendapat Tantangan Lamborghini."
Dia pernah membuka sebuah dealer mobil di mana dia membagikan mobil secara gratis, dan dikenal sering membagikan ribuan dolar kepada streamer kecil di Twitch dan YouTube, serta kepada pelayan dan pengemudi Uber secara langsung.
Seiring dengan berkembangnya salurannya, Donaldson mampu mempekerjakan empat teman masa kecilnya - Chris, Chandler, Garret, dan Jake untuk bekerja padanya dan saluran YouTube-nya. Teman-temannya sering tampil sebagai cameo dalam beberapa video Mr Beast.
Pada Desember 2018, Mr Beast telah mendonasikan $1 juta melalui aksi-aksinya yang aneh, yang membuatnya mendapatkan gelar "filantropis terbesar di YouTube."
Mr Beast telah dikreditkan dengan membantu meluncurkan gaya baru video aksi mahal di YouTube di mana para kreator melakukan tantangan yang rumit dan hadiah bersponsor berskala besar.
Pada akhir 2019, Mr Beast meluncurkan - dan berhasil menyelesaikan - kampanye penggalangan dana yang disebut #TeamTrees untuk menanam 20 juta pohon pada akhir tahun. Mr Beast adalah salah satu kreator yang paling banyak ditonton di YouTube pada tahun 2020.
Tahun 2020 merupakan tahun tersukses bagi Mr Beast, dengan dua kolaborasi terbesar yang pernah ia lakukan di salurannya.
Seiring dengan bertambahnya penggemar, video-video Mr Beast juga semakin ambisius. Biaya rata-rata pembuatan videonya meningkat dari USD 10.000 menjadi USD 300.000 pada tahun 2020.
Dia juga meluncurkan organisasi amalnya sendiri pada akhir tahun 2020 yang disebut Beast Philanthropy. Situs webnya menyatakan bahwa mereka berkomitmen untuk memberikan "bantuan jangka panjang kepada individu yang menderita tunawisma, kelaparan, dan kemiskinan."
Pada bulan Desember 2020, Mr Beast membuka sebuah restoran yang akan membayar orang untuk makan di sana. Beberapa minggu kemudian, ia meluncurkan waralaba Mr Beast Burger miliknya sendiri di puluhan kota.
Pada tahun 2021, Mr Beast melampaui 53 juta pelanggan YouTube. Dia juga mengungkapkan bahwa dia berusaha keras untuk mencapai kesempurnaan dengan video-videonya - sampai-sampai dia telah membatalkan setidaknya tiga video pada tahun 2020 yang telah menghabiskan biaya produksi sebesar $100.000.
Pada Januari 2022, Mr Beast menduduki peringkat bintang YouTube dengan bayaran tertinggi oleh Forbes untuk pertama kalinya. Publikasi tersebut memperkirakan bahwa ia memperoleh $54 juta pada tahun 2021, lebih banyak daripada selebritis seperti Billie Eilish dan Kim Kardashian.
Pada Juli 2022, Mr Beast mencapai tonggak sejarah lainnya: ia menjadi kreator YouTube kedua yang mencapai 100 juta pelanggan di YouTube setelah PewDiePie. Pada bulan November di tahun yang sama, ia melampaui jumlah pelanggan PewDiePie.
Pada Januari 2023, Mr Beast mengatakan bahwa ia berencana untuk memberikan "setiap sen" yang dia miliki sebelum ia meninggal.
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Dipna Videlia Putsanra