Siapa Angela Tanoesoedibjo yang Ditunjuk Jokowi Jadi Wakil Menteri?

Oleh: Yulaika Ramadhani - 25 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
Politikus Partai Perindo Angela Tanoesoedibjo ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
tirto.id - Angela Tanoesoedibjo ditunjuk Presiden Joko Widodo menjadi Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, membantu tugas Menteri Wishnutama. Ia mewakili Partai Perindo di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Maruf 2019-2024.

Perindo termasuk partai pendukung pasangan Jokowi-Maruf di Pilpres 2019.

"Bapak Jokowi memberi saya kepercayaan untuk bisa membantu di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan pasti akan banyak berdiskusi dengan Pak Wishnutama," kata Angela usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (25/10/2019).

Perempuan yang mempunyai nama lengkap Angela Herliani Tanoesoedibjo ini adalah putri sulung dari lima bersaudara pasangan Hary Tanoesoedibjo dan Liliana Tanaja Tanoesoedibjo.

Putri dari Harry Tanoe yang merupakan bos dari MNC TV dan Ketua Umum Partai Perindo ini telah menikah dengan seorang pengusaha bernama Michael Dharmajaya.

Angela lahir di Ottawa, 23 April 1987. Perempuan berusia 32 tahun ini menjadi wakil menteri (wamen) termuda Kabinet Indonesia Maju bentukan Presiden Joko Widodo.

Jejak Karier Angela Tanoesoedibjo

Angela Tanoesudibjo adalah lulusan dari Universitas Teknologi di Sydney, Australia dan Universitas New South Wales. Pada 2008, dua tahun sebelum lulus kuliah, Angela menjadi Editor in Chief HighEnd Magazine dan mendirikan HighEnd Teen Magazine.

Angela kemudian bekerja sebagai staf keuangan di MNC Group pada 2010. Pada 2012, Angela menjadi Co-Managing Director di MNC Channel.

Ia menjadi direktur perusahaan induk dari stasiun RCTI, MNC, dan Global TV berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa pada 30 September 2016, demikian berdasarkan situs resmi MNC.

Tahun 2019, Angela menjabat sebagai Managing Director PT Global Informasi Bermutu (GTV/Global TV) di stasiun televisi grup MNC.

Sebelumnya dia menduduki posisi eksekutif termasuk Direktur PT MNI Entertainment (November 2011-Juni 2017), Wakil Direktur MNC Channels (2013-2014), dan Corporate Finance and Business Development Associate MNCN (2010-2013).

Dalam pemilihan umum legislatif Indonesia 2019, Angela maju sebagai calon anggota legislatif dari Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Dapil Jatim I Surabaya-Sidoarjo, namun gagal melenggang ke Senayan.

Jabatan Politis dari Jokowi untuk Kader Perindo

Penunjukan kader Partai Perindo Angela Herliani Tanoesoedibjo wakil menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi dinilai kental nuansa politis.

Hal ini dikemukakan dosen dan akademisi komunikasi politik dari Universitas Pelita Harapan Emrus Sihombing

"Jabatan wakil menteri itu kan jabatan politis, maka pertimbangan politis saya kira tidak bisa kita nafikan," ujar Emrus saat dihubungi, di Jakarta, Jumat (25/10/2019), sebagaimana diwartakan Antara.

Perindo adalah salah satu partai pendukung pasangan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dalam kontestasi Pemilihan Presiden 2019. Emrus menyatakan, status Angela sebagai anak dari Ketua Umum Perindo Hari Tanoesoedibjo menjadi salah satu faktor utama penunjukan tersebut.

Meski begitu, Emrus meminta kepada masyarakat untuk tidak serta merta menilai negatif penunjukan Angela sebagai salah satu wakil menteri.

Menurut dia, sosok muda seperti Angela perlu diberi kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya dalam membantu mengelola sebuah kementerian. Angela diyakini telah memiliki kemampuan dalam hal manajerial maupun kepemimpinan.


Baca juga artikel terkait HARY TANOE atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Politik)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Abdul Aziz
DarkLight