Serapan Anggaran Rendah, Anies: Banyak yang Baru Mencairkan Dana

Oleh: Fadiyah Alaidrus - 21 Desember 2018
Aneis Baswedan mengatakan, serapan anggaran di pemprov rendah karena banyak yang baru mengajukan surat pencairan dana.
tirto.id - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, saat ini serapan anggaran pemprov baru menyentuh angka 72 persen, lantaran banyak yang baru mengajukan surat pencairan dana.

"Intinya adalah banyak yang baru memasukan semacam surat permintaan untuk pencairan," kata Anies saat ditemui di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (21/12/2018).

Tren realisasi anggaran yang tinggi di akhir tahun kembali terjadi. Hal tersebut dikarenakan pembayaran seringkali baru dilakukan menjelang akhir tahun, sementara pekerjaan baru dikebut pelaksanaannya mulai semester II.

Oleh karena tren penyerapan anggarannya yang belum optimal, Anies menilai tingkat serapan anggaran SKPD pada tahun ini tidak akan lebih dari 90 persen.

“Enggak sampai 90 persen. Tahun lalu juga enggak. Mungkin angkanya mirip capaian di tahun lalu,” kata Anies di Jakarta, Kamis (20/12/2018).

Serapan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada 2017 adalah sebesar 83,83 persen. Sedangkan untuk saat ini, memang masih terdapat dua SKPD yang memiliki persentase di bawah 50 persen.

Dinas Sumber Daya Air (SDA) berada di angka 40,64 persen. Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota adalah 37,35 persen.

"Kita ingin agar proses seperti ini gak berulang, itu seharusnya bisa digeser lebih awal," tambahnya.


Baca juga artikel terkait PEMPROV DKI atau tulisan menarik lainnya Fadiyah Alaidrus
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Fadiyah Alaidrus
Penulis: Fadiyah Alaidrus
Editor: Yandri Daniel Damaledo