Seoul dan Korut Terpilih Jadi Kandidat Tuan Rumah Olimpiade 2032

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 13 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Kota Seoul, Korea Selatan terpilih menjadi salah satu kandidat tuan rumah Olimpiade 2032 bersama dengan Korea Utara.
tirto.id - Kota Seoul, Korea Selatan terpilih menjadi salah satu kandidat tuan rumah untuk Olimpiade pada 2032 mendatang, bersama dengan Korea Utara, pada Senin (11/2/2019) kemarin.

Dilansir dari Korea Herald, Komite Olahraga & Oliampiade Korea mengatakan Seoul dipilih sebagai kota kandidat untuk Olimpiade Musim Panas 2032 pada pertemuan di Pusat Pelatihan Nasional, Jincheon, Chungcheong Utara.

Dari hasil pemungutan suara tersebut, Seoul berhasil memperoleh 34 dari total 49 suara anggota KSOC.

Pemungutan suara tersebut diawali dengan presentasi dari kedua Wali Kota, Park Won-soon untuk Seoul dan Oh Keo-don untuk Busan di depan pemilih dari KSOC.

Dalam presentasinya, Wali Kota Busan, Oh Keo-don, menyoroti sejarah Busan yang telah berhasil menjadi tuan rumah acara dan pertemuan olahraga internasional, seperti Piala Dunia FIFA 2002, KTT Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik 2005 dan KTT Asosiasi Negara-Negara Asia Tenggara 2014 Korea Selatan.

Kota Seoul akhirnya terpilih dan memiliki kesempatan untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, pada 1988 silam, Seoul juga pernah menjadi tuan rumah Olimpiade Musim panas untuk pertama kalinya.

Korea Selatan berencana untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 bersama dengan Korea Utara setelah keduanya sepakat pada pembicaraan olahraga tahun lalu.

Keputusan untuk mengikutsertakan Korea Utara dalam hal ini untuk mencerminkan hubungan diplomatis yang lebih hangat diantara keduanya, tepat setahun setelah Korea Utara mengirim atlet, pendukung, dan pihak yang bersangkutan ke Olimpiade Musim Dingiin di Pyeongchang, Korea Selatan, menurut laporan The Guardian.

Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, juga menyarankan kedua negara itu untuk ikut menjadi tuan rumah Piala Dunia 2030.

Kedua negara ini juga berencana mengirim tim gabungan untuk mengikuti Olimpiade 2020 di Tokyo.

Perwakilan dari kedua negara tersebut diminta untuk menyerahkan surat rencana kepada Komite Olimpiade Internasional di Lausanne, Swiss, hari Jumat (15/2/2019).

Sementara itu, Korea Utara belum mengumumkan kota mana yang akan bergabung dengan Seoul untuk mengikuti Olimpiade 2032.

Beberapa pihak mengatakan, Kota Pyongyang akan menjadi salah satu calon kandidat, karena kota tersebut memiliki infrastruktur yang sudah canggih.


Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2032 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Maya Saputri