Sempat Gangguan di Jalur Bawah Tanah, Ini Penjelasan MRT

Reporter: Selfie Miftahul Jannah, tirto.id - 23 Sep 2022 08:21 WIB
Dibaca Normal 1 menit
MRT sedang menyelidiki penyebab gangguan tersebut, sehingga dapat melakukan tindakan dan mitigasi agar mencegah kejadian serupa terjadi kembali.
tirto.id - Rangkaian kereta MRT Jakarta dengan ID.1807 sempat mengalami gangguan saat berada di jalur bawah tanah antara Stasiun Bendungan Hilir (Benhil) dan Stasiun Istora Mandiri, Rabu (21/9/2022) malam. Hal itu diketahui dari sebuah video yang diunggah oleh akun @jktinfo.

Terkait hal itu, Corporate Secretary Division Head PT MRT Jakarta (Perseroda) Rendi Alhial menjelaskan kronologi kejadian tersebut. Pertama sekitar pukul 20.41 WIB, ratangga 9 ID.1807 mengalami gangguan (berhenti) saat berada di jalur bawah tanah antara Stasiun Bendungan Hilir dan Stasiun Istora Mandiri.

Ratangga 9 ID.1807 dalam perjalanan menuju Stasiun Istora Mandiri. Gangguan juga berdampak pada jadwal perjalanan ratangga ID.2007, yang berada di belakang ratangga ID.1807. Tim MRT Jakarta telah melakukan upaya penanganan secara cepat atas gangguan yang terjadi.

"Penanganan gangguan terhadap ratangga 9 ID.1807 berhasil ditangani selama 8 menit. Pada pukul 20.49 WIB, ratangga 9 ID.1807 kembali beroperasi normal dan layanan MRT Jakarta seluruhnya kembali normal," kata dia dalam keterangan resmi, Jumat (23/9/2022).

Lebih lanjut, dia menjelaskan hingga saat ini tim terkait di PT MRT Jakarta (Perseroda) sedang menyelidiki penyebab gangguan tersebut, sehingga dapat melakukan tindakan dan mitigasi agar mencegah kejadian serupa terjadi kembali. Sementara itu, pihak MRT pun memohon maaf kepada masyarakat pengguna layanan MRT terkait kejadian tersebut.

"PT MRT Jakarta (Perseroda) menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat pengguna layanan MRT Jakarta atas ketidaknyamanan yang diakibatkan dari adanya gangguan yang terjadi kemarin. PT MRT Jakarta (Perseroda) senantiasa berkomitmen untuk menempatkan aspek keamanan dan keselamatan penumpang sebagai prioritas utama kami," tandasnya.

Untuk diketahui sebelumnya akun @jktinfo membagikan video kondisi MRT Jakarta saat mengalami gangguan. Para pengguna MRT nampak kaget dan bingung. Dalam video terlihat MRT berhenti disertai lampu padam.

"Sumpah enggak keliatan lagi," ujar salah satu seorang penumpang dalam video tersebut.




Baca juga artikel terkait MRT GANGGUAN LISTRIK atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Intan Umbari Prihatin

DarkLight