Menuju konten utama

Sekolah Kedinasan 2021 STSN: Kuota Formasi, Syarat, dan Cara Daftar

Cara dan syarat pendaftaran Politeknik Siber dan Sandi Negara (STSN) tahun akademik 2021/2022. 

Sekolah Kedinasan 2021 STSN: Kuota Formasi, Syarat, dan Cara Daftar
Ilustrasi Laman Sekolah Kedinasan. foto/https://dikdin.bkn.go.id/

tirto.id - Pendaftaran Sekolah Kedinasan Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) telah dibuka mulai tanggal 9 April 2021 dan akan berakhir pada tanggal 30 April 2021 menyesuaikan status tanggap darurat Non Bencana Pandemi COVID-19.

Pendaftaran sekolah kedinasan dilakukan pada laman https://dikdin.bkn.go.id/. Pelamar hanya dapat memilih 1 (satu) sekolah kedinasan. Namun, sebelum melakukan pendaftaran, para pelamar diminta untuk membuat akun akses portal SSCASN di alamat sscasn.bkn.go.id dengan memilih menu registrasi.

Teguh Widjinarko selaku Plt. Deputi Bidang Aparatur Kementerian PANRB menyampaikan, pada penerimaan tahun ini, STSN membuka 100 formasi.

Sebelum melakukan pendaftaran, pastikan pelamar telah mempersiapkan dokumen-dokumen yang diperlukan. Dokumen tersebut terdiri dari :

1. Kartu Keluarga

2. Kartu Tanda Penduduk (KTP)

3. Ijazah

4. Rapor SMA/Sederajat

5. Pas foto

6. Dokumen lain sesuai dengan ketentuan instansi yang akan dilamar.

Syarat Pendaftaran

PERSYARATAN UMUM

1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila, UUD 1945 dan Negara Kesatuan Republik Indonesia;

2. Pria/Wanita;

3. Siswa Kelas XII atau lulusan:

• SMA Jurusan IPA

• Madrasah Aliyah Jurusan IPA

• SMK Teknik Elektronika

- Teknik Audio Video

- Teknik Elektronika Industri

- Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi

• SMK TI bidang keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi - Rekayasa Perangkat Lunak - Teknik Komputer dan Jaringan - Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi

4. Nilai Matematika dan Bahasa Inggris (Teori/ Pengetahuan) masing-masing minimal 80 (Delapan Puluh) pada semester IV dan V;

5. Usia minimal 16 (enam belas) tahun dan tidak melebihi dari 21 (dua puluh satu) tahun pada tanggal 31 Desember 2021;

6. Sehat jasmani dan rohani, tidak buta warna, tidak cacat fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit bawaan dan/ atau menular yang dapat mengganggu proses belajar;

7. Bagi pria tidak bertato/ bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik telinganya atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat;

8. Bagi wanita tidak bertato/ bekas tato dan tidak bertindik/ bekas tindik anggota badan selain telinga, kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat;

9. Belum menikah yang dibuktikan dengan keterangan dari lurah dan bersedia tidak menikah selama mengikuti pendidikan di Poltek SSN.

10. Tidak pernah putus studi/ drop out (DO) dari Poltek SSN dan/ atau perguruan tinggi kedinasan kementerian/ lembaga lainnya;

11. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan instansi lain; dan

12. Bersedia membayar biaya pelaksanaan seleksi SKD BKN sesuai PP Nomor 63 Tahun 2016 sebesar Rp 50.000,- (lima puluh ribu rupiah);

PERSYARATAN ADMINISTRASI

Berkas di bawah ini dilengkapi pada saat lulus Seleksi Psikotes dan diserahkan pada saat Seleksi Pantukhir, yaitu:

1. Asli Surat Lamaran bermaterai Rp.10.000,- ditujukan Kepada Direktur Politeknik Siber dan Sandi Negara ditulis tangan dengan tinta warna hitam,

2. Asli dan fotokopi Rapor semester IV dan V dan lembar identitas diri pada rapor yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan;

3. Asli surat keterangan konversi nilai rapor skala 0-100 yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila nilai rapor menggunakan skala huruf);

4. Asli dan fotokopi Ijazah/Transkip Nilai Ujian Nasional (NUN) yang telah dilegalisir dan ditandatangani oleh Kepala Sekolah bersangkutan (bila lulus tahun sebelumnya);

5. Asli SKCK dari Kepolisian Sektor (POLSEK) setempat;

6. Asli Surat Pernyataan Pendidikan bermaterai Rp.10.000,- yang ditandatangani oleh pelamar dan diketahui oleh orang tua/wali (format surat pernyataan dapat diunduh pada laman https://poltekssn.ac.id/pendaftaran). Dengan Surat Pernyataan Pendidikan berisikan pernyataan:

a. Sanggup mengikat diri dalam Perjanjian Pendidikan Kedinasan Politeknik Siber dan Sandi Negara;

b. Bersedia ditempatkan di seluruh indonesia setelah menyelesaikan pendidikan; dan

c. Tidak terikat dengan instansi pemerintah lain/swasta.

7. Asli Surat Keterangan Belum Pernah Menikah dari Kepala Desa/Kelurahan setempat;

8. Asli dan fotokopi identitas diri seperti KTP atau SIM atau Kartu Pelajar;

9. Pas foto berwarna terbaru (3 bulan terakhir) ukuran 4x6 cm sebanyak 1(satu) lembar, berlatar belakang merah;

10. Foto masing-masing ukuran 4R fullbody terbaru tampak Depan, Samping, dan Belakang, dengan ketentuan:

- Laki-laki: menggunakan kaos lengan pendek putih dan celana pendek warna gelap di atas lutut, tanpa alas kaki.

- Perempuan: menggunakan kaos olahraga lengan panjang dan celana olahraga lengan panjang, tanpa alas kaki.

Unggah dokumen terdiri dari:

1. File Pas Foto (bukan hasil scan) Berwarna Terbaru (3 Bulan Terakhir) Dengan Latar Belakang Warna Merah, format JPG 200KB

2. Scan KTP asli atau Kartu Keluarga asli (bagi yang belum mempunyai KTP), format JPG 200KB

3. Scan Halaman Profil/Identitas Lengkap (Biodata Siswa) pada Rapor Asli, format PDF 500KB

4. Scan seluruh Nilai Rapor Semester IV dan V Asli (dalam satu pdf), format PDF 1000KB.

Alur Pendaftaran

1. Pelamar mengakses portal SSCASN di alamat https://sscasn.bkn.go.id

2. Membuat akun SSCN Sekolah kedinasan dengan NIK yang telah tervalidasi melalui data Dukcapil kemudian mencetak Kartu Informasi Akun

3. Login ke SSCN Sekolah Kedinasan dengan menggunakan NIK dan password yang telah didaftarkan

4. Upload swafoto, memilih Sekolah Kedinasan, melengkapi Nilai, upload berkas dan melengkapi biodata.

5. Mengecek resume dan mencetak kartu pendaftaran

6. Verifikator Instansi melakukan verifikasi data dan berkas pelamar yang telah masuk

7. Pelamar Log In ke SSCN, mengecek status kelulusan verifikasi administrasi

8. Pelamar mendapatkan kode billing dan melakukan proses pembayaran (bagi pelamar yang lulus verifikasi). Aturan mengenai pembayaran silahkan cek di sekolah kedinasan terkait

9. Mencetak kartu ujian di SSCN setelah pembayaran diterima dan dikonfirmasi oleh sistem

10. Mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan instansi

11. Informasi status kelulusan pelamar akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan instansi dapat dilihat di SSCN

Untuk tahapan, lokasi dan jadwal pelaksanaan seleksi, bisa dicek melalui link berikut: Seleksi STSN.

Baca juga artikel terkait SEKOLAH KEDINASAN 2021 atau tulisan lainnya dari Versatile Holiday Lado

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Versatile Holiday Lado
Penulis: Versatile Holiday Lado
Editor: Yandri Daniel Damaledo