Menuju konten utama

Sejarah Warrix: Merek Jersey Baru Timnas Sepak Bola Indonesia

Kerja sama antara Warrix dan Indonesia juga nampak pada seragam seleksi tahap 1 Timnas U-19.

Sejarah Warrix: Merek Jersey Baru Timnas Sepak Bola Indonesia
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan instruksi saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.

tirto.id - Tim Nasional (Timas) Indonesia telah mendapatkan kontrak baru dengan apparel jersey bermerek Warrix yang akan digunakan mulai musim 2020.

Kontrak tersebut pertama kali diumumkan oleh akun Instagram resmi @warrixindonesia pada 13 Januari 2020 lalu.

Kerja sama antara Warrix dan Indonesia juga nampak pada seragam yang dikenakan oleh 51 anak-anak Indonesia pada saat menjalani seleksi tahap 1 Timnas U-19 (13/1) di stadion Wibawa Mukti.

Sebelumnya, Timnas Indonesia menggunakan apparel asal Amerika, Nike hingga penghujung 2019 dan akhirnya berpindah pada Warrix. Apparel ini merupakan salah satu merek pakaian olahraga yang diproduksi Thailand.

Perusahaan yang pertama kali bergerak di bidang manufaktur olahraga ini didirikan pada 2013 dan sudah memproduksi perlengkapan olahraga, mulai dari kaus, pakaian olahraga, peralatan pelatihan, dan sebagainya.

Kata "Warrix" kemudian dipilih oleh perusahaan tersebut menjadi nama brand mereka. Nama tersebut terinspirasi dari kata "prajurit" legendaris Thailand.

Mulai dari Januari 2017 hingga 31 Desember 2020, Warrix menjadi sponsor resmi untuk Tim Sepak Bola Nasional Thailand dengan jumlah total 400 juta Baht.

Kontrak Warrix dengan Timnas Thailand telah melahirkan dua kit pertamanya bernama Chayanuparb dan Prabtrichak, yang muncul setelah nama dua pejuang legendaris Thailand. Kit ini debut ketika Thailand bermain versus Arab Saudi di kualifikasi Piala Dunia FIFA 2018 pada 9 Februari 2017.

Sebelum digunakan oleh Tim Nasional Thailand, merek ini sudah terlebih dahulu mensponsori tim Liga Thailand Chiangmai F.C. dan Nakhon Ratchasima F.C. Pada tahun 2014 sebagai cikal bakal awal kemunculannya di dunia sepak bola Thailand.

Apparel asal Thailand ini sudah berhasil menggaet kerja sama dengan dua tim nasional yakni Timnas Thailand sejak 2017 dan Timnas Myanmar sejak 2018. Tahun 2020 menjadi musim yang baik bagi Warrix karena berhasil menjalin kerja sama dengan Timnas Indonesia.

Selain ketiga Timnas tersebut, Warrix juga banyak bekerja sama dengan klub-klub sepak bola di Asia Tenggara, yaitu:

1. Lao Toyota

2. Melaka United

3. Suphanburi

4. Chainat Hornbill

5. Udon Thani

6. Angthong

7. Buriram United (AFC Champions League) 2018

8. BTU United

9. Kalasin

10. Nakhon Ratchasima Mazda 2018

11. Nongbua Pitchaya

12. PT Prachuap

13. PTT Rayong

14. Simork

15. Hougang United

16. Tiong Bahru

17. Singapore Cricket Club

18. Persela Lamongan

Baca juga artikel terkait JERSEY TIMNAS INDONESIA atau tulisan lainnya dari Cornelia Agata Wiji Setianingrum

tirto.id - Olahraga
Kontributor: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Penulis: Cornelia Agata Wiji Setianingrum
Editor: Alexander Haryanto