Sepakbola Eropa

Sejarah Victor Valdes di MU: Kiper Spanyol Senior David de Gea

Oleh: Iswara N Raditya - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Victor Valdes mengalami sejarah kelam di Manchester United (MU) yang terus mengandalkan David de Gea. Kariernya pun berakhir miris di Inggris.
tirto.id - Victor Valdes adalah salah satu penjaga gawang terbaik dalam sejarah Barcelona. Namun, karena sering cedera, Valdes terpaksa hengkang lalu ditampung Manchester United (MU) yang juga diperkuat juniornya sesama kiper asal Spanyol, David de Gea. Di Premier League, karier Valdes masih tersendat dan akhirnya berakhir miris.

Setelah memperkuat Barcelona selama 14 tahun sejak 2000, Valdes harus menghadapi kenyataan bahwa masa jayanya di El Blaugrana sudah berada di pengujung usai. Maka, sebelum kontraknya di Barca usai, ia berusaha mencari klub baru.

Pada Januari 2014, Valdes sebenarnya sudah meneken perjanjian pra-kontrak dengan AS Monaco. Akan tetapi, klub Ligue1 Perancis itu terpaksa membatalkan perjanjian lantaran sang kiper kembali mengalami cedera dan diperkirakan bakal absen cukup lama.

Tanggal 23 Oktober 2014, Manchester United yang saat itu ditukangi oleh Louis van Gaal, pelatih asal Belanda yang dulu memberikan debut bagi Valdes di Barcelona, membuka kesempatan bagi kiper didikan La Masia ini untuk bergabung meskipun belum fit sepenuhnya.


Akhir Miris di Liga Inggris

Valdes sepakat dengan ajakan Van Gaal dan menjalani perawatan di Manchester United. Tanggal 8 Januari 2018, ia dikontrak selama 18 bulan sebagai kiper pelapis David de Gea yang juga asal Spanyol. De Gea sendiri diboyong MU ke Preimer League pada Juli 2011 dari Atletico Madrid dengan mahar 20 juta euro.

Namun, Valdes amat kesulitan menembus starting line-up MU lantaran kehebatan De Gea yang juga telah menjadi penjaga gawang utama Spanyol. Bahkan, Valdes sempat dikirim ke tim U21 karena kondisi kebugarannya yang labil. Selama bernaung di Old Trafford, ia hanya bermain di Premier League selama 106 menit saja dalam dua laga.

Valdes sempat dipinjamkan ke klub Belgia, Standard Liege, dan cuma mengemas 5 pertandingan pada musim 2015/2016. MU pun akhirnya melepas Valdes cuma-cuma ke tim promosi, Middlesbrough, sejak 7 Juli 2016.


Di skuad The Boro yang waktu itu ditangani Aitor Karanka, Valdes kembali mendapatkan posisi sebagai kiper utama dan tampil dalam 28 pertandingan Premier League musim 2016/2017. Sayangnya, Middlesbrough harus terdegradasi lagi.

Valdes dikabarkan gantung sarung tangan setelah gagal mempertahankan Middlesbrough di Premier League. Melalui akun Instagram miliknya tertanggal 1 Agustus 2018, Valdes sempat berucap pamit sebelum menghapus jejak di ranah maya.

Dalam suatu wawancara, Valdes memang mengaku ingin menghilang setelah pensiun dari lapangan hijau. “Ketika cahaya padam suatu hari nanti, maka berhentilah,” ucapnya, “dan saya akan bersama anak-anak saya untuk mengajari mereka tentang kehidupan.

“Ketika lampu itu padam, saya berharap orang-orang akan sulit menemukan saya,” tutup Valdes.


Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Iswara N Raditya