Sejarah Hari Olahraga Nasional 9 September: PON 1 Inisiasi Haornas

Penulis: Yulaika Ramadhani - 7 Sep 2021 10:10 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tanggal 9 September diperingati sebagai Haornas berdasarkan tanggal penyelenggaraan PON pertama di Stadion Sriwedari, Solo.
tirto.id - Hari Olahraga Nasional atau Haornas tahun ini akan diselenggarakan pada Kamis, 9 Setember 2021. Tujuan peringatan ini adalah dalam rangka peningkatan, pembinaan, dan perkembangan olahraga, serta untuk meningkatkan rasa sportivitas di tanah air.

Tanggal 9 September sebagai Hari Olah Raga Nasional dan Haornas ini bukan merupakan hari libur tanggal merah.


Sejarah Haornas dimulai pada tanggal pembukaan PON I atau Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama Indonesia yang diadakan di Surakarta pada 9–12 September 1948.

Perumusan Haornas dilakukan di Solo pada tanggal 9 September 1983, sebagai langkah awal gerakan untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat.


Peringatan Hari Olahraga Nasional ini ditetapkan melalui Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 67 Tahun 195 tentang Hari Olahraga Nasional yang diteken oleh Presiden Kedua Indonesia, Soeharto.

Sebagaimana dikutip laman Dinas Pemuda dan Olahraga Sumut, PON I digelar karena pada tahun 1948 atlet-atlet Indonesia tidak bisa mengikuti kompetisi olahraga dunia Olimpiade XIV/1948 di kota London, Inggris.

Hal ini disebabkan pada saat itu kemerdekaan dan kedaulatan Indonesia belum belum diperoleh pengakuannya oleh dunia serta paspor Indonesia pun juga tidak diakui oleh Pemerintah Inggris.

Namun begitu, mereka bisa berpartisipasi dengan ajang kompetisi dunia tersebut jika menggunakan paspor Belanda. Meskipun demikian, putra-putri Tanah Air hanya mau hadir di ajang tersebut sebagai perwakilan Indonesia.

Penolakan tersebut membuat Persatuan Olahraga Republik Indonesia (PORI) memutuskan untuk menyelenggarakan kompetisi dalam negeri yang diberi nama Pekan Olahraga Nasional.

Hal ini sebagai bukti untuk menunjukkan kepada mata dunia bahwa pada saat itu bangsa Indonesia sanggup mengadakan acara olahraga dengan skala nasional. Acara PON I disambut antusias oleh para atlet Indonesia.

Hal tersebut terlihat dari banyaknya para altet Indonesia sebanyak 600 atlet yang mengikuti kompetisi tersebut, dengan bertanding pada 9 cabang olahraga untuk merebutkan 108 mendali. Selama penyelenggaraannya hingga saat ini, PON selalu diselegarakan tiap tahunnya. Namun, pada tahun 1965 kompetisi olahraga tersebut gagal diselengarakan karena terjadinya peristiwa G30S PKI.

Sehingga PON I pada tanggal 9 – 12 September 1948 ini dijadikan sebagai tanggal peringatan Hari Olahraga Nasional oleh masyarakat Indonesia.


Tentang Hari Olahraga Nasional 2021

  1. Logo Haornas 2021 (Download file)
  2. Logo Haornas 2021 (Download file)
  3. Twibbonn Haornas 2021 (Download file)
  4. Contoh Desain Umbul-Umbul, Spanduk dan billboard (Download file)





Baca juga artikel terkait HARI OLAHRAGA NASIONAL 2021 atau tulisan menarik lainnya Yulaika Ramadhani
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yulaika Ramadhani
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight