Sedric, Mobil Tanpa Sopir Tanpa Setir Keluaran Volkswagen

Oleh: Maya Saputri - 24 Maret 2017
Dibaca Normal 1 menit
Mobil tanpa sopir atau self-driving car keluaran raksasa otomotif Jerman, Volkswagen, akhirnya dipamerkan di ajang Geneva Motor Show 2017 untuk diproduksi pada tahun 2025. Apa kelebihan mobil listrik tanpa setir ini?
tirto.id - Mobil tanpa sopir atau self-driving car keluaran raksasa otomotif Jerman, Volkswagen, akhirnya dipamerkan di ajang Geneva Motor Show 2017 untuk diproduksi pada tahun 2025.

Mobil yang mampu melaju tanpa dikendalikan manusia ini karena tak dilengkapi setir dan tidaka da pedal gas-rem.
Volkswagen berencana untuk membuat Sedric 30 unit dengan tenaga baterai pada 2025 mendatang, seperti dilansir dari laman Designboom.

Mobil listrik ini bisa dipanggil dari lokasi parkir cukup dengan tombol remote yang secara teori bisa dioperasikan di semua negara.

Sedric bisa dioperasikan dengan perintah suara penumpang, dan sisi dalam kaca jendela depan berfungsi sebagai layar komputer untuk menunjukkan peta dan informasi lain. Jadi kita bisa memberikan perintah tujuan kemana, situasi lalu lintas menuju ke tempat tujuan dan lama perjalanan akan disediakan oleh Sedric.

Sedric juga dapat membawa empat penumpang. Mobil anpa awak ini cocok digunakan untuk rapat karena posisinya saling berhadapan. Selain itu, mobil ini juga dapat diandalkan untuk mengantar anak ke sekolah, kantor, dan lainnya.

Untuk menyegarkan udara dalam kabin, pada bagian belakang diberi tanaman asli.

VW mengklaim bahwa Sedric adalah mobil pertama yang dari awal dirancang sebagai mobil otonom sepenuhnya, yang artinya mobil ini tanpa kendali manusia sama sekali. Tapi ingat, ini masih mobil konsep, meskipun sudah diluncurkan di pameran mobil terkemuka dunia di Jenewa.

Sedric dirumuskan, dirancang, dikembangkan dan dibangun oleh dua pusat riset VW di Potsdam dan Wolfsburg, Jerman.
“Sedric adalah pionir, ide yang mendasari mobil otonom di Volkswagen Group.

Konsep mobil listrik Sedric yang namanya diambil dari akronim (SElf-DRIving Car) ini adalah 'ayah' dari banyak konsep baru tentang mobilitas individual. Sedric akan segera punya 'anak' dan 'cucu' dengan berbagai merk yang ada di group ini, menurut pernyataan VW.

Produk VW yang dipasarkan mencakup sejumlah merek kondang seperti Audi, Bentley dan Skoda.

Namun varian Sedric tidak akan dikembangkan oleh merek mobil sports yang dimiliki VW, yaitu Porsche dan Lamborghini. Alasannya, kata kepala riset VW Ulrich Eichhorn, orang membeli dua merek tersebut karena ingin menyopir sendiri.

Baca juga artikel terkait MOBIL TANPA PENGEMUDI atau tulisan menarik lainnya Maya Saputri
(tirto.id - Hard News)

Reporter: Maya Saputri
Penulis: Maya Saputri
Editor: Maya Saputri