Satgas: Tak Ada Bukti Hewan Positif COVID-19 Menular ke Manusia

Reporter: Andrian Pratama Taher, tirto.id - 4 Agu 2021 09:04 WIB
Organisasi Kesehatan Hewan Dunia mencatat 500 kasus COVID-19 pada 10 spesies di 30 negara.
tirto.id - Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito memastikan hewan yang positif terinfeksi Corona tak bisa menularkan virus ke manusia. Hal itu ia sampaikan merespons kabar dua harimau di Taman Margasatwa Ragunan terinfeksi COVID-19.

"Penting untuk diketahui, sejauh ini tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa hewan yang terinfeksi COVID-19 dapat menularkan virus ke manusia," tegas Wiku dalam konferensi pers virtual, Selasa (3/8/2021).

Menurut Wiku, hewan terpapar COVID-19 bukan hal baru. Beberapa negara melapor ke Organisasi Kesehatan Hewan Dunia atau International Office of Epizootics terkait adanya kasus infeksi COVID-19 pada hewan, termasuk satwa liar. Hingga kini, kata dia, tercatat 500 kasus COVID-19 pada 10 spesies di 30 negara.

Wiku mengimbau warga yang positif COVID-19 menghindari kontak erat dengan hewan peliharaannya. Ia juga menyarankan agar hewan peliharaan dibawa ke dokter hewan apabila menunjukkan gejala infeksi virus Corona.

Kabar dua harimau di Taman Margasatwa Ragunan terpapar COVID-19 disampaikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Harimau bernama Tino dan Hari positif terinfeksi virus Corona pada 15 Juli dan masih dalam perawatan.

"[Mereka] dirawat serta dimonitor dengan ketat oleh para dokter hewan terbaik di Ragunan," ujar Anies.

Kedua harimau itu dinyatakan positif COVID-19 usai sampel diperiksa di Pusat Studi Satwa Primata Institut Pertanian Bogor (IPB).



Baca juga artikel terkait SATGAS COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Andrian Pratama Taher
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Andrian Pratama Taher
Penulis: Andrian Pratama Taher
Editor: Gilang Ramadhan

DarkLight