Sandiaga: Kami Sudah Bersurat ke DPRD Soal Pelepasan Saham Delta

Oleh: Hendra Friana - 22 Mei 2018
"Per minggu lalu, kalau tidak salah Pak Gubernur sudah bersurat ke DPRD," kata Sandiaga.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengklaim telah mengirim surat ke DPRD soal rencana pelepasan saham PT Delta Djakarta. Surat berisi permintaan persetujuan DPRD itu, kata dia, telah dikirimkan sejak pekan ke Sekertariat Dewan di Kebon Sirih.

"saya sampaikan kami sudah bersurat ke DPRD, sekarang menunggu jawaban DPRD untuk meminta persetujuan DPRD," ujarnya di kantor Walikota Jakarta Selatan, Selasa (22/5/2018).

"Per minggu lalu, kalau tidak salah Pak Gubernur sudah bersurat ke DPRD," imbuh mantan Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia tersebut.

Delta Djakarta adalah perusahaan yang memproduksi dan mendistribusikan beberapa merek bir, diantaranya Anker Bir, Anker Stout, Carlsberg, San Miguel Pale Pilsener, San Miguel Light, San Miguel Cerveza Negra dan Kuda Putih.

Saat ini perusahaan itu berstatus terbuka dan terdaftar di bursa efek dengan kode DLTA. Saham Pemprov DKI di perusahaan itu sejak tahun 70-an, tepatnya era kepemimpinan mantan Gubernur Ali Sadikin.

Pemprov DKI merupakan pemilik 26,25 persen saham, yang merupakan gabungan antara 23,34 persen saham Pemprov DKI dan 2,91 persen milik Badan Pengelola Investasi dan Penyertaan Modal Jakarta

Meski beberapa anggota dewan menyatakan keberatan dengan rencana penjualan saham tersebut, Sandiaga tetap yakin bahwa DPRD akan menyetujui pelepasan perusahaan bir tersebut.

Ia juga telah menyiapkan kajian dari biro perekonomian dan hasil hitung-hitungan bersama konsultan dengan penuh kehati-hatian sejak dari awal perencanaan.

"Kami sudah siapkan kelengkapan seperti KJPP-nya, mungkin kami harus merangkul juga BPKP, semua kelengkapan kami harus pastikan. Bahwa nilai itu yang terbaik akan kami dapat dan langkah- ini sudah melalui prosedur yg sesuai dengan tata kelola yang terbaik, penuh dengan transparansi," tuturnya.


Baca juga artikel terkait LEPAS SAHAM BIR atau tulisan menarik lainnya Hendra Friana
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Hendra Friana
Penulis: Hendra Friana
Editor: Yantina Debora
DarkLight