CES 2019

Samsung Perkenalkan Layar Masa Depan Berteknologi Micro LED

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 7 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Teknologi Micro LED menawarkan solusi layar masa depan dengan fitur modular dan self-emissive yang tak dimiliki layar lain saat ini.
tirto.id - Samsung Electronics baru saja memperkenalkan layar masa depan berteknologi Micro LED di CES 2019, Las Vegas, Amerika Serikat. Layar ini bersifat modular, sehingga pengguna dapat menentukan ukuran, konfigurasi, dan bentuk sesuai kebutuhan.

Teknologi Micro LED menawarkan solusi layar masa depan dengan fitur modular dan self-emissive yang tak dimiliki layar lain saat ini. Samsung mengatakan bahwa layar Micro LED ini menawarkan kualitas gambar luar biasa dan kemudahan dalam konfigurasi berkat kemampuan modularnya.

"Selama beberapa dekade, Samsung telah memimpin inovasi layar generasi masa depan," kata Jonghee Han, Presiden Visual Display Business di Samsung Electronics dalam rilis resminya dikutip Senin (7/1/2019).

"Teknologi Micro LED Samsung berada di garis depan revolusi layar berikutnya dengan tampilan cerdas yang dapat disesuaikan serta unggul dalam performa di setiap kategori. Samsung Micro LED tidak memiliki batasan," tambahnya.


Samsung menjelaskan, keunggulan kualitas gambar teknologi Micro LED berkat jutaan chip LED mikroskopis merah, hijau, dan biru anorganik yang memancarkan cahaya masing-masing untuk menghasilkan warna-warna cemerlang di layar.

Adapun Samsung memperkenalkan layar berteknologi ini dalam dua ukuran di CES 2019, yakni 75 inci dan 219 inci.

Fitur modular pada layar Micro LED ini memungkinkan pengguna memilih konfigurasi layar sesuai kebutuhan. Pengguna dapat menambah atau mengurangi modul Micro LED untuk mendapatkan ukuran dan aspek rasio yang diinginkan. Di masa depan, pengguna dapat membuat layar dengan konfigurasi yang tak biasa seperti 9x3, 1×7, atau 5×1 sesuai faktor kebutuhan atau estetika.

Tak hanya soal ukuran, teknologi layar Micro LED yang modular ini dapat mencakup semua aspek rasio layar, mulai dari aspek rasio standar 16:9 hingga film layar lebar 21:9. Hal ini memungkinkan pengguna lebih leluasa menikmati konten multimedia tanpa terpaku aspek rasio layar.

Keunggulan lain yang dimiliki teknologi Samsung Micro LED yakni tak memiliki bezel atau bingkai. Hal ini memungkinkan pengguna menambah dan merangkai beberapa modul Micro LED tanpa ada batas yang terlihat. Ini memungkinkan pengguna menikmati layar dengan efek infinity pool yang memukau.


Baca juga artikel terkait CES 2019 atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight