Samsung Kemungkinan Meluncurkan Galaxy S21 Lebih Awal

Oleh: Dede Mudopar - 10 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Samsung membuka peluang untuk meluncurkan produk terbarunya lebih awal, simak penjelasannya.
tirto.id - Samsung Electronics Co Ltd kemungkinan akan memajukan perilisan produk andalannya Samsung Galaxy lebih awal dari yang dijadwalkan. Peluncuran lebih awal itu guna menyaingi pangsa pasar pesaingnya Huawei dan juga dalam upaya mengalahkan Aple Inc yang meluncurkan Iphone 12 series.

Dikutip dari Reuters, Huawei Technologies Co Ltd pernah menantang posisi teratas Samsung di pasar global ponsel pintar. Namun, akibat sanksi yang diberikan oleh pemerintah Amerika Serikat terhadap Huawei, perusahaan raksasa itu terpaksa harus bertahan. Pemerintah Amerika Serikat membatasi pasokan chip yang digunakan untuk ponsel pintar dan peralatan telekomunikasi.

Huawei sempat menguasai posisi teratas pada pasar ponsel pintar di kuartal kedua. Namun, Samsung kembali bercokol di posisi mahkota pada kuartal ketiga setelah pemerintah negeri Paman Sam itu membatasi perdagangan dengan Huawei.

Terpilihnya Joe Biden dalam Pemilu Amerika Serikat membuat para pejabat industri chip Korea Selatan berharap dapat beberapa keringanan dalam pembatasan chip. Namun, mereka juga mengharapkan menjaga sikap tegas pemerintah AS terhadap Cina.

Galaxy S21 terbaru dari Samsung dipersiapkan untuk meluncur pada akhir Januari 2021. Sebelumnya, samsung telah meluncurkan ponsel andalannya S20 pada awal Maret 2020.


Perusahaan Korea Selatan mengirim 59 persen lebih sedikit seri Galaxy S20 5G ke Amerika Serikat pada kuartal kedua dibandingkan dengan kinerja model sebelumnya pada tahun lalu. Sedangkan Apple mengirimkan 15 persen lebih banyak dari andalannya iPhone 11 yang menjadi terlaris tahun lalu iPhone XR, demikian menurut Canalys seperti dikutip dari Reuters.

Dalam pasar ponsel pintar Amerika Serikat, Samsung untuk pertama kalinya menguasai posisi satu pada kuartal tiga mengalahkan pesaingnya Apple.

Dilansir dari Antara, Samsung berhasil menyumbang 33,7 persen di pasar smartphone Amerika Serikat pada periode Juli-September dan naik 6,7 persen dari tahun sebelumnya. Sedangkan Apple, berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 30,2 persen. Di posisi ketiga diikuti oleh LG Electronics dengan pangsa pasar 14,7 persen.

Bercokolnya Samsung di pasar ponsel pintar Negeri Paman Sam ini menjadi yang pertama sejak kuartal kedua tahun 2017.

Dilansir dari NDTV, Samsung telah sukses memasarkan gadget kelas menengah dan ramah kantong andalannya seperti seri Galaxy S20 dan Galaxy Z Fold 2. Sedangkan Apple mengalami penundaan peluncuran untuk seri iPhone 12.

Biasanya perusahaan yang bermarkas di Cupertino itu meluncurkan model iPhone terbarunya pada bulan September, yang merupakan akhir kuartal ketiga. Namun, tahun ini Apple meluncurkannya di bulan Oktober.


Baca juga artikel terkait SAMSUNG GALAXY S21 atau tulisan menarik lainnya Dede Mudopar
(tirto.id - Teknologi)

Kolumnis: Dede Mudopar
Penulis: Dede Mudopar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight