Samsung Galaxy S10 Segera Dirilis, Seperti Apa Spesifikasinya?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 14 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Samsung Galaxy S10 diperkirakan membawa peningkatan spesifikasi dari pendahulunya, apa saja?
tirto.id - Galaxy S10 sebentar lagi bakal segera diperkenalkan Samsung. Seperti apa spesifikasi smartphone penerus Galaxy S9 ini?

Sebagai smartphone flagship, Galaxy S10 diprediksi mengusung teknologi terkini seperti layar melengkung (curved) dengan punch hole atau lubang di sudut atasnya sebagai letak kamera depan.

Layar "bolong" tersebut merupakan penerapan teknologi panel Infinity-O yang diperkenalkan di Samsung Developer Conference pada November 2018 lalu.

Masih dari komponen layar, resolusi Galaxy S10 diperkirakan sama dengan pendahulunya, yakni 1440 x 2960 piksel dan menggunakan tipe Super AMOLED, yang dilindungi lapisan anti gores Corning Gorilla Glass.

Soal performa, Galaxy S10 semestinya lebih kencang dari pendahulunya berkat chip flagship Snapdragon 855. Berkonsep octa-core yang terdiri dari single-core 2,8GHz, triple-core 2,4GHz, dan quad-core 1,8GHz, bila Galaxy S10 memiliki varian lain, maka bertenaga Exynos 9820.

Sebagai perbandingan, Galaxy S9 yang beredar di Indonesia bertenaga Exynos 9810 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2,7GHz yang dibekali RAM 4GB. Kemampuan Galaxy S9 untuk gaming juga mumpuni berkat GPU dari Mali-G72 MP18.

Selain itu, tak ditutup kemungkinan Galaxy S10 mendukung teknologi 5G bila bertenaga Snapdragron 855, yang merupakan chip terbaru Qualcomm.


Belum ada informasi detail soal kemampuan kamera dari Galaxy S10. Samsung diperkirakan akan membawa peningkatan kemampuan kamera yang cukup signifikan. Hal ini terlihat dari ekosistem sektor fotografi Galaxy S yang selalu menawarkan peningkatan kualitas kamera dari setiap serinya.

Di seri pendahulunya, Galaxy S9 dibekali kamera belakang 12 megapiksel yang didukung lensa aperture f/1.5 - 2.4, fitur OIS, dan dual pixel phase-detection autofokus. Kamera depan Galaxy S9 memang tidak terlalu menonjol dengan resolusi 8MP untuk memuaskan hasrat selfie.

Kapasitas baterai Samsung Galaxy S10 diprediksi setara atau sedikit lebih tinggi dari Galaxy S9, yakni 3000mAh. Samsung juga diperkirakan membawa fitur baru dan inovasi lainnya di smartphone flagship andalannya. Belum ada informasi mengenai harga dan ketersediaan Galaxy S10 di pasaran.

Adapun Galaxy S10 bakal diluncurkan Samsung dalam gelaran "Galaxy Unpacked" di San Fransisco, Amerika Serikat pada 20 Februari 2019.

"Pada 20 Februari, Samsung Electronics akan mengungkap perangkat baru, yang menjanjikan pengalaman Galaxy baru berdasarkan 10 tahun inovasi," tulis Samsung di lamannya pada 11 Januari 2019.

"Untuk menyaksikannya, cukup kunjungi news.samsung.com/global, samsungmobilepress.com, samsung.com/galaxy, atau samsung.com pada hari itu," tambahnya.


Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi