Samsung Galaxy Fold Resmi Meluncur dengan Harga Rp28 Juta

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 5 September 2019
Dibaca Normal 1 menit
Spesifikasi Samsung Galaxy Fold setara flagship lantaran dibekali salah satu chipset Qualcomm tergegas saat ini, Snapdragron 855.
tirto.id - Samsung resmi merilis Galaxy Fold yang dilengkapi dengan layar lipat untuk pasar global, Kamis (5/9/2019). Perangkat ini akan tersedia perdana di Korea Selatan pada Jumat (6/9), kemudian ke beberapa negara terpilih, yakni Perancis, Jerman, Singapura, Inggris, dan Amerika Serikat.

"Galaxy Fold menawarkan layar lebih besar tanpa mengorbankan portabilitas. Inilah yang kami sebut inovasi pengalaman seluler baru," kata DJ Koh, Presiden dan CEO Divisi Komunikasi IT & Mobile, Samsung Electronics melalui keterangan tertulis dikutip Kamis.

Samsung Galaxy Fold hadir dengan konfigurasi dua layar. Pertama, layar cover berukuran 4,6 inci resolusi HD+. Sedangkan layar kedua berukuran 7,3 inci resolusi 1.536 x 2.152 piksel yang bersifat fleksibel atau dapat dilipat. Tak hanya itu, Samsung juga membekali Galaxy Fold dengan tiga buah kamera belakang dan dua buah kamera depan yang tersembunyi saat ponsel terlipat.

Ketika mode tablet, layar cover akan otomatis tidak aktif dan beralih ke layar 7,3 inci. Antarmuka perangkat lunak juga secara otomatis menyesuaikan berkat fitur App Continuity dari One UI. Tak hanya itu, Samsung juga membekali tiga buah kamera belakang dan dua buah kamera depan yang tersembunyi saat ponsel terlipat.

Sektor dapur pacu, Galaxy Fold sangat powerful setara flagship lantaran bertenaga chipset Snapdragon 855 berkonsep octa-core terdiri dari single-core 2,8GHz, triple-core 2,4GHz, dan quad-core 1,8GHz yang ditandemkan dengan RAM 12GB. Ponsel ini juga didukung grafis Adreno 640.


Sektor kamera, Samsung Galaxy Fold dibekali tiga kamera belakang yang setara dengan Galaxy S10. Kamera pertama berkekuatan 12MP bersensor 1/2.55 inci 1.4um piksel dengan lensa f/1.5-2.4 sebagai kamera utama. Kamera ini dilengkapi fitur Dual Pixel Phase-detection Autofocus (PDAF) dan OIS (Optical Image Stabilization).

Sedangkan kamera kedua berkekuatan 12MP 1/2.6 inci 1um piksel yang berfungsi sebagai telephoto dan memungkinkan 2x optical zoom lensa 52mm f/2.4. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur autofocus dan OIS.

Kamera ketiga berkekuatan 16MP menawarkan lensa 12mm ultra-wide angle f/2.2. Galaxy Fold dibekali kamera depan ganda dengan resolusi 10MP berlensa f/1.9 didukung fitur Dual Pixel PDAF, serta kamera kedua 8MP. Adapun kamera cover beresolusi 10MP.

Samsung Galaxy Fold juga sudah mendukung jaringan 5G yang menawarkan kecepatan transfer data tinggi dan dapat digunakan setelah mendapat dukungan dari jaringan operator. Selain itu, Galaxy Fold juga memiliki akses layanan one-on-one ke Samsung Expert untuk jaminan pengalaman yang baik dalam menggunakan handset tersebut.

Samsung belum mengungkap harga Galaxy Fold, namun menurut Korean Herald dari laporan surat kabar lokal Korea Selatan, perangkat ini dibanderol 2,39 juta won atau nyaris 2.000 dolar AS, atau sekitar Rp28 juta (kurs: 1 won = Rp11,76).


Baca juga artikel terkait SAMSUNG atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight