Sabyan Gambus Rilis Lagu Tentang Corona, Apa Isi Pesan Liriknya?

Oleh: Ahmad Efendi - 6 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Sabyan Gambus kembali merilis single berjudul “Al Wabaa’” sebagai respons dari fenomena pandemi virus Corona (COVID-19).
tirto.id - Sabyan Gambus kembali merilis single terbaru mereka berjudul “Al Wabaa’” di kanal Youtube SABYAN pada Sabtu (4/4/2020). Lagu ciptaan Ayus, yang tak lain adalah pemain keyboard Sabyan Gambus ini, merupakan respons dari fenomena pandemi virus Corona (COVID-19).

Hingga Senin (6/4/2020), korban positif COVID-19 di Indonesia mencapai 2.941, dan terus berubah setiap harinya. Situasi ini pun akhirnya membawa beberapa musisi Indonesia untuk memberikan dukungan dan semangat kepada masyarakat dalam menghadapi pandemi ini.

Sebelumnya, legenda dangdut Indonesia Rhoma Irama juga merilis lagu “Virus Corona”. Lagu tersebut dimaksudkan untuk menyemangati dan mengajak umat manusia berinterospeksi diri serta mengambil hikmah dari wabah yang sedang terjadi.

Al Wabaa’ sendiri merupakan kata dari bahasa Arab, yang jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Wabah atau Epidemi”. Sementara dalam video klipnya, SABYAN menampilkan potongan-potongan visual berita terkait virus Corona di awal lagu.

Dalam video klip berdurasi 3 menit 21 detik tersebut, Sabyan ingin menggambarkan betapa mengerikannya wabah yang sedang terjadi. Sabagaimana digambarkan dalam potongan lirik, “Begitu banyak ku lihat. Raga tanpa nyawa” di awal lagu.

Meski demikian, lagu bernuansa sedih itu juga terselip lirik berupa doa dan harapan, agar dunia, khususnya Indonesia terhindar dari kekurangan pangan, cobaan hidup, serta wabah penyakit.

“Mari kita berdoa semoga wabah virus corona ini segera berakhir. Terus berdoa dan berkarya walaupun dirumahsaja.” Demikianlah pesan Nisa Sabyan dalam deskripsi lagunya yang dirilis baru-baru ini.

Ini adalah lagu orisinal ketiga yang mereka rilis tahun ini, sebelumnya Nisa Sabyan merilis “Doa dan Karya” serta “Bismillah (New Version)” pada bulan lalu.

Berikut ini lirik lagu “Al Wabaa’”:

Begitu banyak ku lihat
Raga tanpa nyawa
Kau ambil mereka
Tua dan muda

Bencana kian meraja
Datang tak menyapa
Manusia sembunyi
Dalam atapnya

Tak sedikit air mata
Tak sebab Allah yang tega
Kita yang salah
Dalam menata Dunia

Allahumadfa' nal ghola' wal bala' wal waba' fiddun ya khossoh fi baladina Indonesia

(Ya Allah hindari kami dari kekurangan pangan, cobaan hidup, dan wabah penyakt, di dunia khususnya di negara kami Indonesia)

Dengan ribuan dosa ku pinta
Belas kasihmu ya Allah

Allahumadfa' nal ghola' wal bala' wal waba' fiddun ya khossoh fi baladina Indonesia
(Ya Allah hindari kami dari kekurangan pangan, cobaan hidup, dan wabah penyakt, di dunia khususnya di negara kami Indonesia).




Baca juga artikel terkait SABYAN atau tulisan menarik lainnya Ahmad Efendi
(tirto.id - Musik)

Kontributor: Ahmad Efendi
Penulis: Ahmad Efendi
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight