Rute Penerbangan di Husein Mulai Dialihkan ke Bandara Kertajati

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 16 Juni 2019
Proses peralihan rute dimulai dengan memproses izin rute baru, memperoleh slot penerbangan, hingga menyiapkan sistem tiket.
tirto.id - Pengalihan rute penerbangan di Bandara Internasional Husein Sastranegara dan Bandara Internasional Kertajati di Jawa Barat dimulai 15 Juni 2019.

Hal ini sesuai dengan Surat Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan bernomor AV.004/0274/KUM/DRJU/VI/2019 tertanggal 13 Juni 2019.

Vice President of Corporate Communications PT Angkasa Pura II (Persero), Yado Yarismano mengatakan, Husein Sastranegara dan Kertajati menyatakan kesiapan penataan penerbangan ini.

"Fasilitas yang terkait dengan keselamatan dan keamanan penerbangan, baik itu di Husein Sastranegara dan Kertajati, sudah bisa dipenuhi. Kami ingin secepatnya merealisasikan perpindahan penerbangan itu," kata dia di Jakarta, Minggu (16/6/2019).


Tahap penataan dimulai pengalihan rute penerbangan domestik yang dioperasikan dengan pesawat jet dari Husein Sastranegara ke Kertajati.

Kemudian, tengah disiapkan sistem penjualan tiket dan rotasi pesawat agar tidak mengganggu operasional secara keseluruhan.

"Saat ini AP II bersama-sama dengan seluruh stakeholder lain termasuk maskapai tengah mempersiapkan agar perpindahan penerbangan. AP II berkomitmen membantu maskapai agar perpindahan berjalan mulus," papar dia.

Maskapai, kata dia, juga perlu waktu guna mengkomunikasikan perpindahan penerbangan, memproses izin rute, dan memperoleh slot penerbangan di bandara.

Ia menambahkan, selama maskapai belum memindahkan penerbangan, jadwal keberangkatan dan kedatangan seluruh rute penerbangan domestik masih melalui Husein Sastranegara.

"Prioritas kami adalah membantu maskapai agar bisa secepatnya mengalihkan penerbangan domestik yang beroperasi dengan pesawat jet untuk bisa pindah ke Kertajati, kami sangat terbuka mendengar permintaan mereka," ujar dia.

Saat ini, penerbangan rute internasional dan penerbangan domestik dengan pesawat propeller (baling-baling) tetap dilayani melalui Husein Sastranegara.

Bandara Husein Sastranegara memiliki kapasitas 4 juta penumpang per tahun, sedangkan Bandara Kertajati sekitar 5 juta penumpang. Operator dua bandara ini PT Angkasa Pura II.


Baca juga artikel terkait BANDARA HUSEIN SASTRANEGARA atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Zakki Amali