Rumor Terbaru iPhone 13 2021, dari Spesifikasi, Desain hingga Fitur

Oleh: Nika Halida Hashina - 9 April 2021
Dibaca Normal 1 menit
iPhone 2021 atau iPhone 13 diprediksi diumumkan Apple pada bulan September mendatang dalam empat versi.
tirto.id - Rumor mengenai kemunculan iPhone 13 telah tersiar sebelum kehadiran model iPhone 12 pada 2020 lalu. Dari desas-desus itu, iPhone 13 diprediksi meluncur pada bulan September mendatang.

Apple diperkirakan merilis empat versi iPhone 13 pada tahun ini, yang masing-masing mengusung ukuran layar berbeda, yaitu:

- iPhone 13 Mini (5,4 inci)

- iPhone 13 (6,1 inci)

- iPhone 13 Pro (6,1) inci

- iPhone 13 Pro Max (6,7 inci)

Dari segi ukuran, menurut situs asal Jepang, Macotakara, iPhone baru akan memiliki ukuran yang sama dengan model iPhone 12, tetapi ketebalannya bisa meningkat sekitar 0,26mm.

Situs Macotakara memprediksi demikian berdasarkan mock cetak 3D dari sumbernya di ecommerce Alibaba, yang mengklaim bahwa tiruan itu sebagai model iPhone 2021 atau iPhone 13.

Model iPhone 13 juga tampaknya akan sedikit lebih berat karena peningkatan kapasitas baterai yang lebih besar sehingga memerlukan ruang yang lebih besar.

Dari segi desain dan fitur, iPhone 13 sepertinya tidak akan mengalami perubahan besar dari seri sebelumnya. Akan tetapi, akan ada peningkatan kualitas kamera, prosesor seri A yang lebih cepat, chipset 5G baru dari Qualcomm, peningkatan masa pakai baterai, dan beberapa penyesuaian lainnya.

Dari tampilan fisik, seri iPhone selanjutnya akan hadir dalam pilihan warna hitam matte yang menggantikan abu-abu, bersama dengan lapisan metal tahan karat baru yang dapat mengurangi noda dan sidik jari.


Barclays, seorang analis Apple, dilansir situs Macrumors, juga menjelaskan bahwa takik (notch) pada model iPhone 13 akan mengecil. Namun, sensor identifikasi wajah pada iPhone 13 sepertinya akan dibuat dari bahan plastik dan bukan kaca.

Hal tersebut dimungkinkan berkat teknologi lapisan yang telah ditingkatkan, tetapi belum diketahui apakah ada manfaat dari hal itu, atau sekadar upaya pengurangan produksi.

Dikabarkan pula akan ada peningkatan lensa Ultra Wide pada model Pro pada iPhone 13 dengan aperture yang lebih rendah untuk kinerja yang lebih baik dalam kondisi cahaya redup dan fokus otomatis yang lebih ditingkatkan. Dalam hal ini diharapkan beberapa peningkatan dalam lensa Wide di perangkat.

Selain itu, kabarnya Apple juga akan memperkenalkan kecepatan refresh rate layar 120Hz untuk model iPhone Pro dan membawa teknologi ProMotion iPad Pro ke iPhone.

Apple juga dikabarkan sedang mempertimbangkan untuk menambahkan sensor sidik jari ke dalam layar di sisi bawah ke model iPhone 13, yang akan digunakan selain identifikasi wajah sebagai alternatif metode otentikasi biometrik.

iPhone 13 juga dilaporkan akan menyajikan ruang penyimpanan yang dapat dimaksimumkan hingga 1TB, naik dari maksimum 512GB di model iPhone 12. Namun, kabar ini belum mendapatkan konfirmasi dari sumber terpercaya. Meski begitu, rumor tersebut tentu sangat menggembirakan mengingat kebutuhan akan memori pada masa kini sangat dipertimbangkan penggunanya.

Dilansir CNET, iPhone 13 merupakan versi pertama yang diprediksi menyertakan dukungan jaringan 5G. Oleh sebab itu, analis memperkirakan bahwa perilisan iPhone 13 akan dibanderol dengan harga yang hampir sama dengan iPhone 12. Dimulai dari harga 799 dolar AS sampai dengan 1.349 dolar AS.


Baca juga artikel terkait IPHONE 13 atau tulisan menarik lainnya Nika Halida Hashina
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Nika Halida Hashina
Penulis: Nika Halida Hashina
Editor: Ibnu Azis
DarkLight