Riza Patria Pasrahkan ke Jokowi soal Penjabat Gubernur DKI

Reporter: Riyan Setiawan - 13 Mei 2022 14:18 WIB
Baik Riza Patria maupun Anies Baswedan mengaku tak akan mencampuri kewenangan Jokowi dalam memilih nama Penjabat Gubernur DKI Jakarta.
tirto.id - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyerahkan seluruhnya kepada Presiden Joko Widodo perihal penjabat gubernur pengganti Anies Baswedan yang masa jabatannya akan berakhir pada Oktober 2022 nanti.

"Pokoknya kami serahkan kepada pemerintah pusat yang terbaik," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Jumat (13/5/2022).

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian sebelumnya mengatakan sudah ada tiga nama calon penjabat gubernur DKI Jakarta. Ketiga nama itu akan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo.

Riza menegaskan Presiden Jokowi yang memiliki kewenangan untuk memutuskan penjabat gubernur. Ia maupun Anies tak akan mencampuri urusan tersebut.

"Soal PJ gubernur, itu kewenangan presiden, kami enggak mau mencampuri pemerintah pusat, termasuk kewenangan presiden," ucapnya.

Kendati demikian, dirinya berharap siapapun yang menjadi penjabat gubernur untuk menggantikan Anies Baswedan harus didukung bersama untuk memajukan Jakarta.

"Pasti yang ditugaskan adalah orang yang memiliki kompetensi dan pemahaman yang baik," pungkasnya.



Baca juga artikel terkait PENJABAT GUBERNUR DKI atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Bayu Septianto

DarkLight