Ridwan Kamil Mengaku Tak Punya Duit Maju Pilgub Jabar 2018

Ridwan Kamil Mengaku Tak Punya Duit Maju Pilgub Jabar 2018
Ketua Umum Nasdem Surya Paloh (kiri) bersama Ridwan Kamil (kanan) berjalan usai mengikuti acara Deklarasi Ridwan Kamil sebagai calon Gubernur Jabar 2018-2023 yang diusung Partai Nasional Demokrat (Nasdem) di Monumen Bandung Lautan Api, Jawa Barat, Minggu (19/3). Ridwan Kamil siap mengikuti Pilkada untuk mendapatkan posisi Gubernur Jabar. ANTARA FOTO/Agus Bebeng.
Sumber: antara
21 April, 2017 dibaca normal 1:30 menit
Ridwan Kamil mengaku tak punya duit untuk dana kampanye Pilgub Jabar. Ia berharap ada dukungan dana dari berbagai pihak.
tirto.id - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil yang dijagokan Partai Nasdem mengaku tak memiliki uang untuk dana kampanye pada Pilgub Jawa Barat 2018. "Saya tidak punya uang, karena saya meski menjabat sebagai Walikota tidak minta-minta ke pengusaha. Saya masih bingung," ujar Ridwan Kamil di Bandung seperti dikabarkan Antara, Jumat (21/4/2017).

Kendati mengaku tak banyak memiliki uang, Ridwan Kamil tetap akan maju dalam Pilgub Jabar mendatang. Lantaran itu, dia mengaku, terus mencari dukungan dengan partai-partai lain.

"Saya menjalin komunikasi ke semua dengan takaran yang sama, ada jawaban tunggu sedang proses, ada yang harus melalui prosedur, dan lain-lain," kata dia.

Ridwan berharap warga dan pengusaha yang mendukung dia mengikuti pemilihan gubernur juga ikut memberikan sumbangan materi. "Saya jalan saja sampai suatu hari ada udunan (iuran) dari orang-orang yang baik," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

"Silakan yang percaya kepada saya untuk berjuang mengemban tugas, beri dukungan secara moril dan materiil. Karena saya tidak punya uang," tambah dia.

Pada Ahad 19 Maret lalu, Partai Nasdem, yang dipimpin pengusaha Surya Paloh, telah mendeklarasikan dukungan kepada Ridwan Kamil untuk maju Pilgub Jabar. Deklarasi digelar di Monumen Bandung Lautan Api, Lapangan Tegalega Bandung.

Di hari yang sama Surya Paloh melalui siaran pers menyampaikan, Ridwan Kamil telah menyepakati tiga syarat dalam deklarasi Pilgub Jabar. Menurut dia, tiga sayarat itu antara lain;

Pertama, Ridwan Kamil harus bisa menjadikan Jabar sebagai benteng Pancasila yang melindungi seluruh warga masyarakat Jawa Barat.

Kedua, ketika memenangi pilkada dan duduk menjadi pemimpin Jawa Barat, Ridwan Kamil tidak bergabung dengan partai apa pun.

Ketiga, Ridwan Kamil harus mampu mengkonsolidasikan roda pemerintahan di bawah dirinya sekaligus mendukung pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Inilah tiga syarat yang ditetapkan NasDem kepada Ridwan Kamil. Dan telah terjadi kesepakatan antara Ridwan Kamil dan ketua umum Partai NasDem. Untuk itulah deklarasi pada hari ini dilaksanakan," tutur Surya paloh.

Kendati sudah berkomitmen kepada Nasdem, Kang Emil mengakui bisa saja gagal maju pada Pilgub Jabar 2018 bila hanya didukung satu partai. Sebab, syarat calon yang diusung Parpol mesti 20 persen dari keseluruhan kursi di DPRD. Sedangkan Nasdem yang sudah mendeklarasikan dukungan terhadap dirinya hanya memiliki 5 kursi di DPRD Jabar. 

"15 kursi lain sudah disampaikan ke partai lain, menyerahkan bola karena tidak bisa ngatur, tidak bisa maksa, jadi sekarang mah bekerja sebagai Wali Kota Bandung dan sambil berkomunikasi semaksimal mungkin dan menunggu dukungan," kata Ridwan Kamil, di Bandung, Senin (20/3/2017).

Baca juga artikel terkait RIDWAN KAMIL atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - agu/agu)

Keyword