Reus: Menang Dramatis dari Hertha, Dortmund Siap Juara Liga Jerman

Oleh: Wan Faizal - 17 Maret 2019
Dibaca Normal 1 menit
Marco Reus optimistis Borussia Dortmund bisa menjadi juara Liga Jerman setelah menang 2-3 dari Hertha Berlin pada Minggu (17/3/2019).
tirto.id - Kemenangan Borussia Dortmund atas Hertha Berlin pada Minggu (17/3/2019) dini hari dengan skor 2-3 membuat Marco Reus semakin yakin timnya bisa meraih gelar Bundesliga musim ini. BVB sendiri sementara ini unggul tiga angka dari Bayern Munchen, sang pesaing yang baru berlaga pada Senin (18/3/2019).

"Bisa menang pada menit 93 tentu memberi kami kepercayaan diri yang lebih karena membuktikan bahwa kami masih punya mentalitas yang kuat. Kami bisa menjadikannya modal untuk bertarung meraih gelar juara sampai akhir musim," kata Reus dikutip situs resmi BVB.

Menghadapi tuan rumah Hertha Berlin, anak asuh Lucien Favre menjalani laga yang tidak mudah karena dua kali tertinggal lewat dua gol Salomon Kalou. Gol dari Thomas Delaney muncul di antara kedua gol tersebut sebelum ada gol penyama berikutnya melalui tandukan Dan Axel Zagadou. Sementara gol kemenangan baru lahir pada menit 93 melalui sontekan Reus.

Berkat kemenangan tersebut Dortmund kini memiliki 60 poin, unggul tiga poin dari Bayern. Namun sang rival baru bermain nanti malam menjamu Mainz. Artinya posisi pertama BVB bisa saja hilang lagi andai Mainz gagal mencuri angka dari Allianz Arena.

“Pertandingan melawan Hertha berjalan sangat menarik. Kami kesulitan bermain di lapangan mereka yang buruk dan licin. Di babak pertama kami tidak bisa bermain bagus namun kami masih bisa tetap menciptakan peluang yang sayangnya beberapa kami buang begitu saja,” kata Reus

“Di babak kedua kami lebih mendominasi. Kami memainkan sepakbola yang bagus sehingga kemenangan ini terasa adil bagi kami," tambah mantan pemain Borussia Moenchengladbach.



Dortmund sendiri terakhir menjadi juara Liga Jerman pada 2011/2012 lalu. Saat itu mereka bisa mengalahkan Bayern dengan selisih delapan angka.

Namun setelahnya, pembajakan pemain utama Dortmund oleh Bayern mengubah peta persaingan. Robert Lewandowski, Mats Hummels, dan Mario Gotze dibawa oleh kubu Allianz Arena sehingga menggerus kekuatan BVB. Alhasil, persaingan di Bundesliga menjadi tidak menarik lagi lantaran Bayern mampu menjadi juara dalam enam musim terakhir.

Apabila Dortmund berhasil menjadi juara kompetisi musim ini, maka kepuasan yang didapat akan bertambah lantaran itu berarti Dortmund juga bisa mengakhiri tren dominasi Bayern Munchen.

“Sekarang kami harus bisa memenangkan sisa pertandingan kami musim ini. Bagi kami sebagai sebuah tim, kemenangan melawan Hertha ini sangat berarti bagi kekuatan mental kami,” tutup Thomas Delaney, gelandang BVB.


Baca juga artikel terkait LIGA JERMAN atau tulisan menarik lainnya Wan Faizal
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Wan Faizal
Editor: Fitra Firdaus
Kontributor: Wan Faizal
DarkLight