Menuju konten utama

Respons Maxim, Grab, & Gojek terkait Pemberian BHR untuk Ojol

Maxim masih mengkaji mekanisme pemberian bonus hari raya ke mitra pengemudinya.

Respons Maxim, Grab, & Gojek terkait Pemberian BHR untuk Ojol
Pengemudi ojek daring yang tergabung dalam Serikat Pekerja Angkutan Indonesia (SPAI) berorasi saat mengikuti unjuk rasa di Kantor Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta, Senin (17/2/2025).ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin/rwa.

tirto.id - Maxim Indonesia masih mengkaji Surat Edaran yang diterbitkan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mengenai imbauan pemberian Bonus Hari Raya kepada mitra pengemudi transportasi daring.

Public Relation Specialist Maxim Indonesia, Yuan Ifdal Khoir, menyatakan pihaknya masih mempertimbangkan skema dan kriteria untuk kebijakan pemberian BHR kepada para pengemudi ojek online (ojol) nya.

“Tentunya, butuh waktu dan rangkaian proses bagi kami untuk dapat menentukan keputusan secara spesifik mengenai Bonus Hari Raya 2025. Kami akan terus menjaga komunikasi dengan berbagai pihak untuk informasi dan perkembangan lebih lanjut,” ucap Yuan dalam keterangan resmi kepada Tirto, Rabu (12/3/2025).

Lanjut Yuan, Maxim menjamin kesejahteraan mitra pengemudinya menjelang Lebaran, salah satunya melalui bantuan sosial bagi mereka yang membutuhkan serta pengurangan potongan komisi aplikasi.

“Sebagai perusahaan aplikasi penyedia layanan transportasi daring yang berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi digital serta mendukung ekosistem gig-worker di Indonesia, Maxim mendukung mitra pengemudi kami menjelang Hari Raya Idulfitri,” ucapnya.

Driver ojol tuntut penyesuaian tarif

Sejumlah pengemudi ojek online melakukan unjuk rasa menuntut penyesuaian tarif di ruas Jalan S. Parman, Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (3/10/2023). ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/foc.

Sementara itu, Grab Indonesia memastikan pihaknya akan mengucurkan Bonus Hari Raya (BHR) untuk para mitra pengemudi melalui program bonus kinerja khusus.

Group CEO & Co-Founder Grab, Anthony Tan, mengatakan langkah tersebut sebagai tindak lanjut dari arahan Presiden Prabowo Subianto yang meminta agar perusahaan layanan angkutan berbasis aplikasi ojek online (ojol) memberikan bonus hari raya kepada mitra pengemudinya.

“Kami senang dapat berkontribusi dalam inisiatif yang memberikan manfaat langsung untuk Mitra Pengemudi yang menjadi tulang punggung layanan transportasi dan pengantaran di Indonesia, serta yang telah memberikan layanan terbaik kepada pelanggan selama ini,” ujar Anthony dalam keterangan resmi, Senin (10/3/2025).

Menurutnya, adanya kolaborasi antara pemerintah dan industri adalah bukti nyata bagaimana Grab dan pemerintah bisa bekerja sama untuk menghadirkan dampak positif yang lebih luas.

“Grab akan terus berinovasi dan mencari cara terbaik untuk mendukung Mitra Pengemudi dan masyarakat luas,” imbuh Anthony Tan.

Program bonus kinerja khusus ini merupakan bentuk apresiasi perusahaan atas dedikasi dan kontribusi para Mitra dalam menyambut Hari Idulfitri.

Bonus ini merupakan bentuk dukungan tambahan yang pada dasarnya tidak termasuk dalam manfaat rutin yang diterima oleh pekerja sektor ekonomi informal, seperti mitra pengemudi platform digital (gig worker). Grab telah menyiapkan program bonus ini sebagai bentuk dukungan terbaik yang bisa diberikan saat ini, sesuai dengan kondisi finansial perusahaan.

Grab menetapkan kriteria penerima bonus ini berdasarkan keaktifan mitra pengemudi, termasuk jumlah pesanan yang diselesaikan, tingkat penyelesaian pesanan, jumlah hari dan jam online, serta rating pengemudi.

Sementara itu, Gojek Indonesia juga melakukan hal yang serupa yakni pihaknya memastikan mitra pengemudinya mendapatkan Bonus Hari Raya (BHR) melalui program Tali Asih Hari Raya.

Presiden Gojek, Catherine Hindra Sutjahyo, mengatakan bahwa dari tahun ke tahun, Gojek konsisten menghadirkan program Ramadhan penuh manfaat bagi para mitra driver.

“Kami memahami bahwa Ramadhan adalah momen yang spesial, namun juga dapat menjadi tantangan bagi para mitra kami. Kali ini, dirancang lebih istimewa dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, Gojek menghadirkan program Tali Asih Hari Raya untuk memberikan manfaat nyata agar mitra driver dapat menjalani Ramadan dan merayakan Idul Fitri dengan lebih bermakna.” ungkap Catherine dalam keterangan resmi, Senin (10/3/2025).

Melalui program Tali Asih Hari Raya, Gojek akan menyalurkan Bonus Hari Raya dalam bentuk uang tunai kepada Mitra Driver yang memenuhi kriteria tertentu.

“Bonus uang tunai ini akan diterima Mitra Driver sebelum Hari Raya Idul Fitri,” ucap Catherine.

Program ini merupakan itikad baik dari Gojek dengan menghadirkan solusi terbaik untuk terus mendukung mitra pengemudi sesuai dengan kapasitas perusahaan, sekaligus mengacu pada pengumuman yang disampaikan oleh Presiden Prabowo Subianto mengenai Bonus Hari Raya untuk mitra pengemudi online.

Catherine menekankan, Gojek terus berkoordinasi dengan pemerintah untuk memastikan transparansi dalam pengalokasian dana bagi mitra.

“Melalui program Tali Asih Hari Raya, Gojek ingin memastikan para mitra driver dapat menjalani Ramadan dengan damai dan merayakan Idul Fitri dengan penuh kebahagiaan bersama keluarga mereka,” pungkas Catherine.

Baca juga artikel terkait THR OJOL atau tulisan lainnya dari Nabila Ramadhanty

tirto.id - Ekonomi
Reporter: Nabila Ramadhanty
Penulis: Nabila Ramadhanty
Editor: Bayu Septianto